Laskar Pelangi

Laskar PelangiIni kisah nyata tentang sepuluh anak kampung di Pulau Belitong,
Sumatera. Mereka bersekolah di sebuah SD yang bangunannya nyaris
rubuh dan kalau malam jadi kandang ternak. Sekolah itu nyaris ditutup
karena muridnya tidak sampai sepuluh sebagai persyaratan minimal.

Pada hari pendaftaran murid baru, kepala sekolah dan ibu guru satu-
satunya yang mengajar di SD itu tegang. Sebab sampai siang jumlah
murid baru sembilan. Kepala sekolah bahkan sudah menyiapkan naskah
pidato penutupan SD tersebut. Namun pada saat kritis, seorang ibu
mendaftarkan anaknya yang mengalami keterbelakangan mental. ”Mohon
agar anak saya bisa diterima. Sebab Sekolah Luar Biasa hanya ada di
Bangka,” mohon sang ibu. Semua gembira. Harun, nama anak itu,
menyelamatkan SD tersebut. Sekolah pun tak jadi ditutup walau
sepanjang beroperasi muridnya cuma sebelas.

Kisah luar biasa tentang anak-anak Pulau Belitong itu diangkat dalam
novel dengan judul ‘Laskar Pelangi’ oleh Andrea Hirata, salah satu
dari sepuluh anak itu. Di buku tersebut Andrea mengangkat cerita
bagaimana semangat anak-anak kampung miskin itu belajar dalam segala
keterbatasan. Mereka bersekolah tanpa alas kaki, baju tanpa kancing,
atap sekolah yang bocor jika hujan, dan papan tulis yang berlubang
hingga terpaksa ditambal dengan poster Rhoma Irama.

Kisah yang tadinya bukan untuk diterbitkan itu ternyata mampu
menginspirasi banyak orang. Seorang ibu di Bandung, misalnya,
mengirim surat ke Kick Andy. Isinya minta agar kisah tersebut
diangkat di Kick Andy karena anaknya yang membaca buku Laskar Pelangi
kini bertobat dan keluar dari jerat narkoba. ”Setiap malam saya
mendengar suara tangis dari kamar Niko anak saya. Setelah saya intip,
dia sedang membaca sebuah novel. Setelah itu, Niko berubah. Dia jadi
semangat untuk ikut rehabilitasi. Kini Niko berhasil berhenti sebagai
pecandu narkoba setelah membaca buku Laskar Pelangi,” ungkap
Windarti Kosasih, sang ibu.

Sementara Sisca yang hadir di Kick Andy mengaku setelah membaca novel
itu, terdorong untuk memperbaiki hubungannya dengan sang ayah yang
selama ini rusak. Begitu juga Febi, salah satu pembaca, langsung
terinspirasi untuk membantu menyumbangkan buku untuk sekolah-sekolah
miskin di beberapa tempat. ”Saya kagum karena anak-anak yang
diceritakan di buku itu penuh semangat walau fasilitas di sekolah itu
jauh dari memadai,” ujar Febi yang juga datang ke Kick Andy untuk
bersaksi.

Andrea sendiri mengaku novel itu awalnya hanya merupakan catatan
kenangannya terhadap masa kecilnya di Belitong. Dia selalu teringat
sahabat-sahabatnya di masa kecil, terutama Lintang. Sebab tokoh
Lintang merupakan murid yang cerdas dan penuh semangat walau hidup
dalam kemiskinan. Setiap hari Lintang harus mengayuh sepeda tua yang
saering putus rantainya ke sekolah. Pulang pergi sejauh 80 km. Bahkan
harus melewati sungai yang banyak buayanya.

Sayang, cita-cita Lintang untuk bisa sekolah ke luar negeri, seperti
yang sering didorong oleh guru mereka, terpaksa kandas. Lintang
bahkan tak tamat SMP karena orangtuanya yang nelayan tidak mampu
membiayai. ”Lintang adalah sosok yang menginspirasi saya. Karena
itu, saya bertekad meneruskan cita-cita Lintang,” ujar Andrea, yang
sekian puluh tahun kemudian berhasil mendapat beasiswa sekolah ke
Sorbonne, Prancis.

Tim Kick Andy yang mendatangi kampung tempat SD itu berdiri, di
Belitong, berhasil ‘menemukan’ beberapa dari tokoh anak-anak di dalam
novel tersebut. Mereka kini sudah dewasa. Namun kenangan tentang masa
kecil itu sangat kuat membekas. Terutama pada ibu guru Muslimah yang
sangat mereka cintai. ”Buku Laskar Pelangi memang saya persembahkan
untuk Ibu Mus yang sangat tabah dan pantang menyerah dalam mendidik
kami,” ujar Andrea.

Maka sungguh menarik menyaksikan bagaimana Kick Andy mempertemukan
Andrea dengan Ibu Guru Muslimah di studio Metro TV. Apalagi ketika Bu
Mus membawa barang-barang yang mempunyai kenangan tersendiri bagi
Andrea dan teman-teman kecilnya dulu di kampung. Kenangan yang
diceritakan kembali oleh Andrea dengan jenaka. Juga termasuk darimana
Andrea mengambil nama yang dipakainya hingga sekarang ini.

Sungguh sebuah novel — yang diangkat dari kisah nyata — yang sangat
menggugah. Novel yang membuat siapa pun yang membaca akan merasa
bersalah dan berdosa jika tidak mensyukuri hidup. Itu pula sebabnya
sutradara Riri Reza dan Produser Mira Lesmana tertarik untuk
mengangkat kisah ini ke layar film.

Tayang MetroTV Kamis, 04 Oktober 2007 22.05 WIB dan Minggu pukul
15.05 WIB

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

62 comments

  1. Saya juga kagum sama pemikiran-pemikiran Mas Andrea dan tulisannya yang mengalir, membius pembaca. Baca buku ini berulang-ulang rasanya gak membosankan buat saya ๐Ÿ™‚

  2. Ass. saya tu suka sekali baca buku yang menggugah jiwa plus perasaan.. termasuk laskar pelangi ini…

    buat bang hinata tetap berkarya y!

  3. Assalamualaikum. Ketika membaca Laskar Pelangi membuat saya selalu meneteskan Air mata. Kenapa tidak, kisah nyata yang yang di tuangkan ole mas Andrea seolah-olah mengingatkan kenangan saya ketika bersekolah dulu dengan keadaan ekonomi yang sangat memprihatinkan. Setting suasananya juga sama dengan profesi ayah saya seorang nelayan yang menjadi taruhan nyawa ketika mencari rejeki. Kenangan itu selalu membekas di hati meskipun cita-cita saya sudah tercapai untuk sekolah d luar negeri. Dan Alhamdulillah saya sekarang sedang melanjutkan study di Australia. Salut buat mas Andrea………!!!

  4. bravo buat kang hirata. aku suka banget ma bukunya. cerita yang benar2 menggugah semangat,kocak,mengharu biru dll.pokoknya asyik deh ^^

  5. betul sekali, saya juga suka banget ma bukunya laskar pelangi.. mengingatkanku pada masa2 sekolah dulu yg juga penuh perjuangan…

  6. Laskar Pelangi,,keren banget
    baca bukunya seolah-olah kita ikut merasakn yang dialami oleh lintang dan lainnya. mas andrea bener-bener detail dalam menggambarkan setiap peristiwa yang dialami.
    salut banget….

  7. saya juga suka banget..sama novelnya..
    di kick andy khan tentang teman2nya yang dulu jadi laskar pelangi.Tapi yang si lintang koq tidak ada ya..?? Saya penasaran lintang itu seperti apa sekarang..

  8. Buku bang ikal “laskar pelangi” penuh imajinatif,inspiratif!Dari ketiga buku bang ikal yang sudah saya baca,laskar pelangi yang paling menyentuh hati saya!Btw,kapan maryamah karpov akan terbit?Ditunggu..!

  9. buku yang sangat bagus dan bagus sekali
    buku yang menggugah semngat untuk belajar walaupun dengan keterbatasan yang ada
    aku sungguh kagum terhadap buku ini

  10. Salamun alaikum
    ana blum baca bukunya,tp dr beberapa info yg ana bc kxnya ni buku bgus,ana penasaran n pgn bli,akh,kira2 harganya berapa y?kmren wkt ke gramed smpt liat,n kt tmn tu buku bgus,tp ana mlh pilih buku kang abik,coz lg btuh solusi bt ms depan seh..he..
    Buat mas andrea good luck aj ya,trus bjuang

  11. eMmm aQ juga udah baca bang, bagus bgt ceritanya sedih banget ada orang yang bener2 pinter tapi ga bisa nerusin sekolahnya gara2 enggak ada biaya. Sedangkan anak2 jaman skrng sekolah dibayarin aja masih main2 *geleng2*

  12. tolong tampilin foto anggota laskar pelanginya dong……….
    aq penasaran deh ma yg namanya Lintang emang tampangnya kayak mana sih…….
    abiz dy pinter bgd sh………

  13. assalamualikum
    sumpah..!!!!
    aku benci Andrea Hirata!
    aq ga bisa tidur, maaaakk…
    Andrea telah membuat hari hariqu gelisah.
    obatin donk…..
    keriting berrrrandalll……………!!

  14. mas achmad, kasih tau dunk emailnya Andrea, biar kukasih pelajaran dia!
    heheheheheh….
    biar dia tau gmn rasanya habis menangis langsung ketawa, asem..!
    keknya amygku ga bisa bekerja normal
    plzzzzzzzzzzzzzz
    kasihtau ya…!

  15. Luar biasa…
    Salut mas andre…
    Sampe buku itu ikut nemani aku makan dan kegiatan2 lainnya.sulit melepaskannya.Hebat…

  16. Aku terbuai baca buku “laskar Pelangi” menyadari sekali kalo banyak anak Indonesia yang putus sekolah padahal memiliki potensi yang lebih baik daripada anak yang jebolan sarjana tapi kosong (pemikirannya)…..dari baca buku ini, bener2 membangun semangat saya lagi untuk bisa lebih berguna dan memanfaatkan potensi yang saya miliki……Thanks Mas Andrea…..!!!!!

  17. jayyid jiddan,alias bagus bgt.emh luar biasa.saya terinspirasi sekali.bahwa dengan keterbatasan dana yang kita miliki, kemampuan otak yang biasa, kita bisa jadi orang berhasil,asal qta punya mimpi.dan itu mjd energi positif untuk qta mewujudkannya.good luck

  18. saya lasa setelah ngebaca novel mas andlea hilata, plas tak akan ingkal sama olang tua lagi, hidup Mas Andlea Hilata

  19. ๐Ÿ˜€ mungkin dengan mau difilmkan semakin menjadi seperti nyata dan bener2 bisa jadi inspirasi yang lebih

  20. cayooo…………………..
    terbitkan yang terbaru klo bsa smp maut memisahkan//
    ceileee……………………..
    ๐Ÿ™„

  21. laskar pelangi membuat saya sangat merasa bersalah tidak mensyukuri apa yang saya miliki sekarang, saya benar-benar jatuh cinta dengan tokoh lintang setiap saya melakukan apapun saya selalu teringat dia, sampai hal yang sekecil-kecilnnya saya malah merasa lintang selalu mengikuti saya, kata-katanya selalu terngiang-ngiang, mungkin memang seperti hiperbola tetapi begitulah adanya saya begitu mncintai sosok lintang dan terinspirasi olehnya. samapi-sampai saya bercita-cita kalo punya anak nanti saya mo beri nama lintang saja. saya teramat penasaran dan ingin tau lintang sekarang seperti apa sangat tidak adil kalo dia masih tetap seperti di bagian akhir laskar pelangi dia harus lebih beruntung dari itu karena dia menginspirasi banyak orang atau dia harus mendapatkan royalti dari penjualan buku laskar pelangi untuk memperbaiki hidupnya

  22. ๐Ÿ˜ฅ ๐Ÿ˜ฅ Aku amat tersentuh setelah baca Laskar Pelangi. Yg paling bikin aku ngerasa miris itu nasibnya Lintang. Aku gak mau ada anak sejenius dia yang tersia-siakan lagi. So ini dia kewajiban pemerintah untuk pendidikan anak2, jangan cuma mikir duit terus

  23. G!la bi3z b4ca nt0e bukU w sUnx’Z pUny4 t3kad bWat b3lazAr d9n s3r!uz en w pUny4 c!ta2 bWat dpT b3as!sw4 k3 lUar n3gr! + w j4d! n93raz4 b’d0z4 c0z w j4ran9 b’syUkur 3n t’ny4ta m4siH ad4 0r9 y9 l3b!h m!sk!n di b4nd!n9!n w m3t w4t 0m ANDREA HIRATA 3n t3nx’Z dah n9unJun9in

  24. Subhanallah……………………………
    Allah telah menakdirkan lahirnya seorang penulis yang karyanya begitu banyak mengandung pelajaran moral dan jenis-jenis penyakit gila. He he he……………………..
    ini merupakan novel pertama yang aku baca dari awal sampai akhir termasuk sang pemimpi dan edensor
    sebelumnya aku gak suka bergelut dengan buku tebal membosankan tapi kali ini gak sama sekali
    hanya satu kata yang bisa aku katakan “Alhamdulillah”
    pokonya aku sangat menunggu film laskar pelangi serta buku keempat dari tetralogi laskar pelangi “Maryamah Karpov”
    kapan……….kapan …………….?
    aku tunggu berita selanjutnya

  25. Betapa dashyat.. โ— โ—

    Film “Sherina” menampilkan dua anak dari strata sosial middle-up di tanah Parahyangan lengkap dengan landscape-nya. ๐Ÿ˜ฎ

    Film “Denias” mengupas kisah anak pedalaman Papua yang berjuang demi pendidikannya termasuk tampilan alam Papua yang masih “perawan”. ๐Ÿ˜€

    “Laskar Pelangi”.. habis-habisan mengeksplorasi alam Belitong, sedari pedalaman hingga pantainya yang sangat kaya. Sudah pasti termasuk kisah sepuluh anak (plus satu) yang juga berjuang demi pendidikan mereka. ๐Ÿ˜€
    Mereka menuntut hak mereka sebagai warga negara; “..mencerdaskan seluruh bangsa..”

    Sudahlah, tanpa mengurusi royalti Andrea Hirata dan Miles-Team, anda HARUS nonton film “Laskar Pelangi”. Sangat mengusik masa kecil kita.. ๐Ÿ˜ฅ

    (tribute to my childhood friends; at Manado, Dobo, Parigi)

  26. nama aku juga lintang . cuma bedanya kalo aku perempuan . ๐Ÿ™‚
    aku begitu tersentuh dengan laskar pelangi . keinginanku selalu dipenuhi oleh papa mama . sekolah tinggal sekolah saja .
    tapi lintang dalam laskar pelangi untuk sekolah saja harus berjuang nya bukan main . ๐Ÿ˜ฅ
    aku begitu terenyuuh . aku menjadi termotivasi dan gak mau malasยฒan untk belajar . karna lintang dalam laskar pelangi aja bisa menjadi yang terhebat kenapa aku yang bernama lintang juga gak bisa .
    aku ingin bertemu dengan lintang ,! ingin sekali …..
    aku pun ingin banyak mengobrol dengan om andrea hirata ๐Ÿ˜

  27. bc laskr plngi, ingt wkt kcil main buah “kolang-kaling/Cengkaleng” yg gatel bukn main klw pulg skul. eh, Andrea Hirata ngulang sukses sy.
    do’akan sy utk sllu jd pak Cik bwt anak-anak diskul skr……!

  28. novel yang dapat membius kehidupan dan merenung segala yang telah kita buat selama ini apakah sudah sepenuhnya kita bersyukur,sungguh dengan membaca novel ini saya merasa jatuh cinta setiap hari dan selalu berbuat dengan hati yang tulus, andre hirata kau membuatku selalu jatuh cinta kepadamu dan kepada dunia……

  29. sampai sekarang ni film blm ada di kota sy palu,ada apa ya?…apakah karna bioskop or apalah sy jg belum tau tp sy pengn bgd nonton ni film secara novelnya keren abis n bisa buat kita termotifasi,,,sy tunggu karya ni di kota palu ya………… โ“

  30. Laskar Pelangi merupakan buku yang tiada tandingnnya.
    Semua crita msa llu mas andrea dituangkan dengan tulisan yang indah dan karyanya ini sangat membuatQ slut. ๐Ÿ™‚

    smoga mas andrea bisa menulis bku lain yang sama hebtnya dengan Laskar Pelangi.
    atau lebih hebat mungkin! ๐Ÿ˜›

  31. cayooooooo,to laskar pelangi
    terharu sedih menangis dan
    tersenyum buat laskar pelangi,
    tampilin anggota laskar pelangi
    dong…plizzzzzzz

  32. gw kira cerita laskar pelangi suatu cerita yang biasa saja. lebih banyak manusia sukses yang perjalanan hidupnya lebih dramatis dari cerita laskar pelangi tersebut, cuma andrea pintar dalam menceritakannya. masyarkat kita merupakan masyarakat yang dramatis makanya larut dan terharu dengan cerita-cerita yang dramatis. dan laskar pelangi ini pun terkenalnya cuma gara-gara masuk kick andy aja kan???padahal novel ini telah ada 2 tahun yang lalu tapi boomingnya setelah mauk tv. tapi gw akui andrea pintar dalam menceritakannya.

  33. deon suka bgt ma film nya
    deon ja ga bosen nontonnya berulang – ulang
    kl oom gmna ?
    o ya om
    deon dah add link blog ni d blog deon
    mohon bantuan back link nya ye
    oc dech thanks, slm ngeblog aje

  34. What a sad memories. The children have certainely lived in poverty, but hadn’t gave up learning or leaved the schoool.
    That must be a lesson for each one of us: when you have an ambition you will reach your goals.
    sorry I can’t write in indonesian but I’m learning it through your articles.
    keep up the good work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *