4 Tips untuk Mempercepat WordPress Anda

Beberapa blog wordpress kita terkadang terasa lambat, terutama jika traffic-nya lagi banyak. Itu bisa terjadi mungkin karena tempat hostingnya yang lambat, koneksi internet yang dipake sama client yang lambat, atau bisa juga karena kesalahan dan kekurang-efektifan coding wordpress kita.

Berikut ini beberapa tips untuk lebih meng-optimalkan kinerja blog wordpress kita :

  1. Selalu update wordpress dengan versi terbaru.
    Selalu up to date dengan versi terakhir wordpress merupakan hal yang wajib dilakukan, karena di setiap rilisnya, biasanya terdapat peningkatan kinerja wordpress. Bisa menjadi lebih cepat, lebih efisien atau lebih aman. Selain file utama wordpress, plugins juga hendaknya selalu terupdate karena hal ini juga akan lebih meng-optimalkan situs kita.
  2. Non aktifkan atau hapus plugins yang tidak terpakai.
    Hal ini mungkin menjadi penyebab utama yang memperlambat situs wordpress kita. Yakinkan bahwa plugin yang ada benar-benar kita butuhkan. Dan non-aktifkan atau kalo perlu hapus plugin yang tidak terpakai.
  3. Bersihkan script Anda.
    Karena script (PHP, HTML, CSS, Javascript, dll) berpengaruh secara langsung dengan seberapa cepat situs kita, maka penulisan script yang baik dan penggunaan algoritma yang efisien tentu akan lebih meng-optimalkan situs kita. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan script/code kita :
    Kurangi spasi kosong (whitespace)
    Terlalu banyak spasi kosong akan menyebabkan file makin besar, dan tentu untuk menampilkan file tersebut juga lebih lambat. Sebagai contoh, perhatikan dua script berikut ini :Terlalu banyak spasi kosong (whitespace)

    .test {font-family: Georgia, Times, serif;
    
    font-size: 12px;
    
    color: #000000;
    
    }
    

    Penulisan yang lebih efektif :

    .test {font-family: Georgia, serif; font-size: 12px; color: #000000;}
    

    Gunakan skrip luar (external script)
    Sebaiknya pisahkan file Javascript atau CSS ke dalam file tersendiri, agar beban server tidak tertumpu pada satu file saja. Contoh penggunaan external script :
    [HTML]

    [/HTML]

    Gunakan perintah CSS yang efektif.
    Contoh mengefektifkan perintah CSS tampak pada dua penulisan perintah CSS berikut ini (keduanya menghasilkan output yang sama) :
    Kurang efektif :
    [CSS]
    .test {margin-top: 7px; margin-right: 1px; margin-bottom: 5px; margin-left: 3px;}
    [/CSS]
    Lebih efektif :
    [CSS]
    .test {margin: 7px 1px 5px 3px;}
    [/CSS]

  4. Kurangi perintah PHP dan query ke database.
    Dan yang terpenting, usahakan untuk mengurangi perintah PHP dan query ke database yang kurang perlu. Karena browser akan lebih cepat menampilkan perintah HTML dibanding harus mengeksekusi perintah PHP atau query yang ada di server.
    Berikut ini contoh pengurangan perintah PHP dan query ke database :

    [PHP]
    <?php bloginfo(’name’); ?><?php bloginfo(’description’); ?>

    WPCandy.Com

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

14 comments

  1. pak saya mau tanya klo saya mau bikin blog gmn caranya ya?………..
    tapi di blog saya tu saya ga mau ada embel-embel seperti wordpress.com atau blogspot.com
    saya mau nya ntar nama blog saya itu menjadi http://www.ryu.com atau http://www.ryu.net (yang penting disamping nama ryu ga da embel-embel apapun) apa yang harus saya lakuin?
    yang penting harus gratis.
    apa bapak bisa ngasih jalan keluar?
    tolong di balez ya email saya (*sambil sujud*)
    saya tunggu balesannya ya pak……………..(*sambil sujud-sujud*)

  2. #ryu
    kalo mau punya nama domain http://www.ryu.com atau yg lain, dan gratis… gampang. cari temen yang punya tempat sewa hosting, trus minta aja satu domain. hehe2x. btw, sekarang sewa domain ga mahal kok, 80rb-an per tahun

  3. bagaimana mengubah tampilan supaya tulisan di blogsome..tidak tertulis semuanya ada tulisan ..read more… gitu . Nah klo tulisan read more di klik akan ke tulisan semuanya.

    ato kayak di wordpress ada tulisan read entry gitu
    gimana gubahnya kalo di blogsome?
    tolong di balez ya pak segera

  4. #ryu 01
    untuk membuat agar posting ada read more-nya, kamu bisa tambahkan tag/perintah di posting. taruh dimana kamu akan memotong posting. jangan lupa, kamu harus menambahkannya di mode ‘html’

  5. pak saya mau tnya lagi nih
    klo mau ngasih jam di blogsome gimana caranya ya? dan kalo saya mau ganti template yang lain (blog saya blogsome) gimana caranya?dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *