Nomor Kendaraan Sepeda Motor

Dalam perjalanan menuju kampus pagi ini, sambil ngantri ngisi bensin, saya iseng-iseng merhatiin nomor polisi motor di depan, ternyata nomornya diawali angka ‘6’. Saya perhatikan lagi motor yang lain, ternyata sama. Dan dari semua motor yang ngantri, cuman ada 1 atau 2 yang nomornya ga diawali angka ‘6’.

Sambil melanjutkan perjalanan, mikir-mikir iseng, apa artinya ini? kok hampir semua berpola sama. Dan ternyata, yang berawalan angka ‘6’ hanya motor-motor keluaran baru (sekitar 2 tahun terakhir).

Sampai di kampus masih penasaran, trus langsung aja nyalain komputer n buka google. Dan ketemulah (*hayah bahasanya*), jawabannya di [[idWikipedia:Nomor polisi|wikipedia]]. Berikut ini kutipannya :

Nomor Urut Pendaftaran

Nomor urut pendaftaran kendaraan bermotor, atau disebut pula nomor polisi, diberikan sesuai dengan urutan pendaftaran kendaraan bermotor. Nomor urut tersebut terdiri dari 1-4 angka, dan ditempatkan setelah Kode Wilayah Pendaftaran. Nomor urut pendaftaran dialokasikan sesuai kelompok jenis kendaraan bermotor(untuk wilayah dki jakarta):

  • 1 – 2999, 8000 – 8999 dialokasikan untuk kendaraan penumpang
  • 3000 – 6999, dialokasikan untuk sepeda motor
  • 7000 – 7999, dialokasikan untuk bus
  • 9000 – 9999, dialokasikan untuk kendaraan beban

Apabila nomor urut pendaftaran yang telah dialokasikan habis digunakan, maka nomor urut pendaftaran berikutnya kembali ke nomor awal yang telah dialokasikan dengan diberi tanda pengenal huruf seri A – Z di belakang angka pendaftaran. Apabila huruf di belakang angka sebagai tanda pengenal kelipatan telah sampai pada huruf Z, maka penomoran dapat menggunakan 2 huruf seri di belakang angka pendaftaran. Khusus untuk DKI Jakarta, dapat menggunakan hingga 3 huruf seri di belakang angka pendaftaran.

Dan begitulah, ternyata kesamaan awal angka ‘6’ untuk motor keluaran terbaru ya karena nomor kendaraan motor sudah mencapai angka 6000. Berarti ketersediaan nomor polisi untuk motor udah hampir mencapai angka maksimal yaitu 6999.

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

4 comments

  1. wooo… nice tips…
    baru tahu lho… suer!

    Btw, buat para penggemar motor, boleh donk gabung ke komunitas pengguna motor Indonesia http://www.dunia-motor.net. Kita bisa jadi nampilin foto, ikutan sharing forum, cari temen sesama penggemar motor, n… bisa liat spesifikasi motor. Banyak manfaat lainnya lho…

    Ditunggu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *