Yang Baru di WordPress 2.3

Kemarin saya baru sempat meng-upgrade wordpress saya dari versi 2.1 menjadi 2.3.3. Itupun saya lakukan lewat cara upgrade manual, karena saya coba upgrade lewat fantastico di Cpanel gagal. Sempet terjadi error saat proses upgrade, tapi akhirnya berhasil juga.

Ternyata, ada banyak perubahan di wordpress 2.3. Berikut ini beberapa fitur baru di wordpress 2.3 :

Tagging

Terdapat perubahan cukup besar di wordpress 2.3 yaitu penambahan fungsi-fungsi tagging. Apa itu tag? Silahkan lihat di Wikipedia atau baca arsip forum di WordPress. Jadi saat ini kita dapat menambahkan tag pada setiap posting kita. Inputan tag untuk posting terdapat di bawah isi post. Kita dapat menambahkan satu atau beberapa tag sekaligus dengan menggunakan koma (,) sebagai pemisahnya.

Tag pada dasarnya sama dengan kategori, namun konon tag lebih bersahabat dengan search-engine dibanding kategori. Mana yang lebih baik, tag atau kategori? Doakan saya ya, semoga sempet bikin tutorialnya nanti. ๐Ÿ™‚

New Tag Sistem

Upgrade Notification

Di wordpress baru (2.3), juga terdapat peringatan jika terdapat plugins dengan versi lebih baru dari yang kita pakai. Peringatan juga muncul jika terdapat versi yang lebih baru dari wordpress. Dalam peringatan tersebut, juga terdapat link untuk mendownload versi terbaru dari plugins atau wordpress.

Plugin update notification

Fitur baru di Halaman Posting

Halaman posting, baik posting baru maupun mengedit posting lama, terdapat beberapa fitur tambahan. Di bagian MCE Editor, terdapat tombol baru “Show/Hide Advance Toolbar” dimana jika diklik maka akan ditampilkan pilihan tambahan dalam proses editing, seperti warna tulisan, font, heading, dsb. Hal ini sangat membantu dalam proses posting tulisan.

Tambahan lainnya di halaman posting adalah tambahan status “Pending Review” di dalam pilihan Post Status.

Advance Editor

WordPress Taxonomy

Penambahan fitur tags pada wordpress, menyebabkan perubahan struktur (taxonomy) database. Skema yang berubah terutama dalam hubungannya dengan kategori dan tags. Beberapa tabel baru ditambahkan di wordpress. Tabel tersebut yaitu :

  1. wp_terms
  2. wp_term_relationships
  3. wp_term_taxonomy

Walaupun skema database berubah, pengembang WordPress sendiri menyatakan bahwa semua plugins yang berhubungan dengan kategori, tidak akan berpengaruh.

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *