Menuju Kampus Universitas Indonesia

Mungkin saya termasuk orang yang kuper, karena sudah sekian tahun di Jakarta, tetapi ga tau jalan menuju kampus UI yang ada di Depok. Dulu pernah sih beberapa kali ke UI, tapi naik mobil dan hanya numpang, jadi ya ga apal jalan.Nah, Sabtu dan Minggu ini (5-6 April 2008) saya diharuskan ke UI dalam rangka mengikuti test ujian masuk magister. Daripada nyasar pas hari ujiannya, mendingan saya survey dulu aja, sekalian ngambil kartu ujian. Hari kamis sekitar pukul 13.00 berangkatlah naik motor dengan ditemani istri, setelah sebelumnya tanya-tanya ke beberapa temen mengenai lewat mana kalau mau ke UI. Mungkin karena informasinya kurang lengkap, jadinya saya nyasar. Baru sampe di UI sekitar pukul 15.15 sore. Setelah urusan selesai dan sholat asyar di masjid UI, saya langsung pulang. Dan ternyata pulangnya pun nyasar sehingga baru nyampe kampus sekitar pukul 19.00 WIB. Tapi masih untung ada temennya, hehe2x.

Malam hari, sebelum hari pertama ujian, saya bertanya lagi ke temen untuk meminta penjelasan mengenai jalur yang cepet ke UI. Paginya, saya berangkat jam 6 pagi dari rumah sekalian nganter istri mengajar, lalu mampir sebentar ke kampus. Berangkat dari kampus sekitar pukul 7 pagi. Di jalan alhamdulillah lancar, walau agak sedikit bingung. Sampai di kampus UI sekitar pukul 8.15. Langsung cari ruangan dan nunggu ujian dimulai. Ujian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keperawatan, lantai 3. Rada ga pede sih, peserta yang lain pada belajar, rajin-rajin banget deh. Hari pertama berlalu dengan cukup lancar. Perjalanan pulang juga ga ada masalah.

Hari kedua. Berangkat dari rumah sekitar pukul 7 pagi. Di perjalanan aman terkendali (baca: ga nyasar) dan sampai di kampus UI pukul 8 kurang 5 menit. Masih sepi alias belum ada yang dateng. Hari kedua, ujian dilakukan di Fakultas Ilmu Komunikasi. Jam setengah 9 sudah mulai ramai yang datang dan jam 9 tepat ujian dimulai. Ujian berakhir sekitar pukul 12.30, lebih cepat dari jadwal yang diinformasikan di internet.

Sebelum pulang, sholat dulu dan makan ketoprak dulu di depan masjid kampus UI. Alhamdulillah semua sudah selesai, dan pulang dengan tenang deh. Untuk hasil ujian diumumkan tanggal 16 April 2008. Semoga lulus dan berhasil masuk UI. Amin.

Bagi temen-temen yang akan pergi ke kampus UI menggunakan kendaraan pribadi roda dua (motor), berikut ini garis besar jalur yang bisa dilalui. Asumsi berangkat dari kampus Universitas Budi Luhur.

Dari UBL menuju ke Kebayoran – naik fly-over dan muter balik menuju ke arah Pondok Indah-Lebak Bulus – lurus terus mengikuti jalur busway sampai di perempatan Lebak Bulus (di depannya terlihat Giant dan Carefour Lebak Bulus) – selanjutnya belok ke kiri mengikuti arah jalan tol (lewat pinggirannya yah, jangan masuk tol!) – lurus terus ikuti petunjuk yang ke arah Ragunan – Chitos lurus teruuus (tapi hati-hati, kalo lampu merah jangan lurus terus! Bisa-bisa jadi makanan empuk sama petugas) – ketemu perempatan yang ada jalur buswaynya, masih lurus – perhatikan plang petunjuk arah, jika sudah ketemu dengan arah Depok-Pasar Minggu, berarti harus kurangi kecepatan dan selanjutnya ketemu dengan fly-over, lewat jalan yang atas – di sebelah kiri terdapat gedung ANTAM (aneka tambang), nah siap-siap ambil kanan untuk muter balik di puteran pertama – setelah puter balik, lalu ambil jalur kiri dan belok kiri menuju arah Depok – luruus terus – lurus terus dan selalu mengikuti jalur kereta api (KRL) – sampai ketemu dua jalur yang berbeda, satu ke arah Universitas Indonesia dan satunya ke arah Depok-Kelapa Dua, pilih jalur yang ke arah UI dan sampailah ke tempat tujuan, Universitas Indonesia.

Dan berikut ini penjelasan singkat bagaimana pulang dari UI dengan asumsi tempat tinggal Anda di daerah Jl Raya Ciledug.

Dari pintu gerbang UI, ambil jalur yang sebelah KIRI (ke arah Pasar Minggu) – lurus terus mengikuti arah jalur kereta api (KRL) – jika ada jalur yang bercabang, ikuti jalur yang kanan – lurus terus sampai ketemu fly-over jalan tol dan terdapat plang ke arah Lebak Bulus-Ciputat – lalu belok kiri mengikuti arah jalan tol (hati-hati, jangan sampai masuk tol!) – lurus terus sampai ketemu perempatan Lebak Bulus (disebelah kiri Carefour dan Giant) – lalu belok kanan ke arah Pondok Indah – lurus terus mengikuti arah Kebayoran Lama – sampai di pasar Kebayoran belok kiri – sampai sini seharusnya Anda sudah tau harus kemana.

Semoga berguna

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *