Diskusi Terbuka Antara Para Blogger dan Roy Suryo Lancar

Seperti telah direncanakan sebelumnya, acara diskusi terbuka antara para blogger dan Roy Suryo akhirnya berlangsung hari ini (11/04/2008) dengan lancar. Acara ini digagas oleh Riyogarta sebagai tanggapan atas beberapa pernyataan [[idWikipedia|Roy Suryo]] yang dianggap memojokkan para blogger. Diskusi yang mengusung tema “Membuat Blogger Positif untuk Indonesia” ini dimulai pada jam 09.00 pagi dan bertempat di Gedung Theater, Unit IV lantai 4, Universitas Budi Luhur, Jakarta. Sejak awal acara, peserta yang berjumlah sekitar 250 orang lebih sudah memenuhi tempat.

Diskusi Terbuka Blogger vs Roy Suryo

Disamping Roy Suryo sebagai pembicara pertama, diskusi juga menampilkan Riyogarta sebagai wakil dari para blogger. Dan sebagai moderator adalah Mas Abimanyu. Diskusi diawali dengan pemaparan mengenai tujuan diadakannya diskusi terbuka ini oleh mas Riyogarta dan disambung dengan Roy Suryo yang menyatakan alasannya mau datang di diskusi terbuka ini. Selanjutnya diskusi berlangsung cukup santai mengenai berbagai topik seputar pernyataan-pernyataan Roy Suryo di berbagai media, seperti mengenai adanya blogger negatif dan positif, hacker, situs depkominfo dan sebagainya.

Diskusi makin memanas saat Riyogarta menantang Roy Suryo untuk menuangkan “ilmunya” dalam sebuah blog, ditandai dengan penyerahan domain dengan nama roy.suryo.info oleh Riyogarta pada Roy Suryo. Namun dengan tenang Roy menyatakan bahwa Roy sangat menghargai pemberian nama domain tersebut. Namun untuk urusan nge-blog, Roy agaknya enggan melakukannya dengan berkali-kali menyatakan bahwa ada banyak pilihan untuk menyampaikan pendapat dan pikiran, nah yang dipilih oleh Roy adalah melalui media, bukan melalui blog.

Saat moderator memberi kesempatan kepada peserta yang hadir di Universitas Budi Luhur maupun di Universitas Bina Nusantara (Live Streaming) untuk mengajukan pertanyaan, banyak peserta yang secara antusias memberikan pertanyaan maupun pernyataan. Sebagian besar pertanyaan yang disampaikan seputar pernyataan-pernyataan Roy Suryo yang memojokkan para blogger. Semua ditanggapi oleh Roy Suryo dengan panjang lebar.

Acara terpaksa diakhiri sekitar pukul 11.50 karena sebagian besar pembicara dan peserta harus menunaikan sholat Jumat. Banyak kalangan yang menganggap diskusi ini belum tuntas dan masih banyak masalah yang menggantung. Namun setidaknya terdapat kesepakatan (atau ajakan) bersama untuk bersama-sama memberi yang terbaik dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Diskusi terbuka ini terselenggara berkat kerja sama berbagai pihak seperti Universitas Budi Luhur yang menyediakan tempat dan prasarana lainnya, Universitas Bina Nusantara yang menyediakan live video streaming, OkeZone.Com dan MNC sebagai media partner. Sukses untuk semua!

Acara ini juga dipantau terus oleh Okezone.com, berikut ini berita-berita yang terkait dengan acara ini:

Artikel ini juga dimuat di http://fti.bl.ac.id

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *