Membuat Balasan Email Otomatis di GMail dan Yahoo

Ada kalanya jika kita bepergian dalam waktu cukup lama yang memaksa kita untuk tidak berhubungan dengan internet. Mungkin karena kesempatan yang ga mengijinkan, atau mungkin kita pergi ke daerah pelosok tandus yang jangankan internet, listrik aja belum ada (*hiperbol*). Bagi kita yang merasa bahwa komunikasi lewat internet (email) merupakan kebutuhan sehari-hari tentunya akan merasa sangat kesepian karena terputusnya komunikasi dengan teman-teman. Dan mungkin ada beberapa email yang cukup penting masuk ke inbox kita, sedangkan si pengirim tidak tahu kalo kita sedang bepergian atau sedang tidak bisa kirim email. Tentunya dia mungkin akan kecewa atau kesel karena kita tidak membalas emailnya dengan segera.

Di sisi lain, mungkin kita adalah seorang dosen atau pengajar seperti saya yang suatu saat merasa kerepotan karena banyaknya tugas atau email dari mahasiswa (murid) yang harus dibalas. Kita harus membuka satu per satu email dan selanjutnya membalasnya. Namanya mahasiswa kan kadang cuman pengin tahu apakah emailnya sudah kita terima atau belum.

Bagaimana solusinya untuk permasalahan seperti pada ilustrasi di atas?

Jika kita menggunakan email di Gmail dan Yahoo!, kita dapat dengan mudah membuat agar saat terdapat email yang masuk ke inbox kita, secara otomatis pengirim akan mendapat balasan dari kita. Isi balasan dapat kita definisikan sesuai keinginan kita, misalnya konfirmasi bahwa email sudah diterima atau pemberitahuan bahwa kita sedang berada di luar kota. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk setting auto-reply email di Gmail dan Yahoo!.

Gmail

  1. Login ke Gmail.
  2. Klik link Settings yang berada di sebelah atas email Anda.
  3. Dari tab General, pilih pilihan Vacation responder on pada bagian Vacation responder: .
  4. Masukkan judul dan isi pesan email konfirmasi pada bagian kotak isian Subject: dan Message:. Jika kita memiliki signature email maka otomatis ditambahkan setelah pesan.
  5. Checkbox Only send a response to people in my Contacts dapat kita pilih jika kita menginginkan aturan ini hanya berlaku untuk email yang terdaftar di kontak.
  6. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.
  7. Untuk lebih jelasnya bisa lihat petunjuk di Gmail.

Yahoo!

  1. Login ke email Yahoo!
  2. Klik link Options yang berada di bagian atas-kanan halaman. Jika terdapat drop-down, pilih Mail Options.
  3. Pilih tab Vacation Response yang berada di kolom sebelah kiri.
  4. Klik checkbox Enable auto-response during your vacation.
  5. Ketik isi pesan email pada kotak yang disediakan.
  6. Tentukan tanggal awal dan akhir masa berlakunya settingan ini.
  7. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Selamat mencoba

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

3 comments

  1. kalo emailnya di blacid gimana ya?
    berarti semua email yg masuk akan dibalas secara otomatis ya?
    hmmm. bagus jg tuh.. coba ah
    tapi kalo kita ikutan milis gimana?

  2. #away
    kalo blacid? tanya om sopan aja way. iya, email akan dibalas otomatis, dan saya coba berkali-kali kirim email ke milis gpp way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *