Membuat Efek Bayangan pada Teks dengan Photoshop

Hasil AkhirJika Anda sering berselancar (browsing) di internet, tentunya begitu banyak bentuk design dari situs-situs yang Anda kunjungi. Beberapa diantaranya banyak yang menggunakan gambar, animasi bahkan flash untuk menarik perhatian pengunjung. Salah satu bagian dari situs yang selalu menjadi hal menarik untuk dilihat adalah bagian header situs. Ya, bagian ini menjadi sangat penting karena di bagian inilah, identitas suatu situs disampaikan. Karena begitu pentingnya, sehingga banyak yang menggunakan tulisan atau gambar dengan efek tertentu. Dan untuk membuat efek pada tulisan, gambar atau logo sebagian besar menggunakan Adobe Photoshop.

Pada tutorial kali ini, kita akan mencoba membuat teks dengan efek bayangan yang banyak digunakan pada situs-situs web 2.0. Yuk kita mulai…

1. Buatlah file baru melalui menu File > New. Ukuran file dapat diatur sesuai kebutuhan Anda. Dalam tutorial ini file dibuat dengan ukuran lebar (width) 500px dan tinggi (height) 200px serta background warna putih (white).

2. Buatlah tulisan dengan Horizontal Type Tool. Selanjutnya atur font, ukuran dan warna teks.

Teks2 300x125

3. Pada panel layer, klik kanan pada layer tulisan dan pilih sub menu Duplicate Layer…

Teks3 157x300

4. Geser tulisan pada kanvas ke bawah dengan Move Tool

Teks4 300x124

5. Balik tulisan yang dibawah dengan menu Edit > Transform > Flip Vertical dan sesuaikan posisi tepat di bawah tulisan.

Teks5 300x126

6. Pada layer tulisan bawah, klik kanan dan pilih sub-menu Rasterize Type.
7. Pilih Marquee Tool dan pilih (select) tulisan bawah (lihat gambar).

Teks7 300x125

8. Pilih menu Select > Feather dan masukkan nilai 8px.

Teks11Teks8 300x125

9. Tekan tombol Delete dan lihat hasilnya.

Teks9 300x125

Download tutorial : membuat-tulisan-efek-bayangan-air (PDF, 310 KB), Link Alternatif (PDF)

Semoga bermanfaat

Berbagi itu indah...Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

13 comments

  1. #agitama
    banyak jalan menuju ke blok-m kan? hehe2x… kalo ada jalan lain, alangkah baiknya di-share agar banyak orang yg bisa lewat ke jalan tsb. ๐Ÿ™‚

  2. haa222 just inovasi pak…..!!tapi dsana masih kurang saya permulus!cuz biar yang membaca tutor sendiri yang mandiri!!haa2!! ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ !!saya juga banyak belajar dari bapak!!hwwee22!!

  3. KALAU BISA LEBIH LENGKAP DONG ๐Ÿ˜†

    N SAYA MOHON BANG ET TOLONG KIRIMIN TRIK2 PHOTHOSHOP KE EMAIL SAYA

    1. #we care
      caranya pada dasarnya sama, baik untuk tulisan maupun object. bedanya kalo object spt gelas, ya tinggal diseleksi (pake magic wand atau marquee tool) baru dilakukan langkah yang sama spt pada teks.

  4. Thank you infonya kalo bisa lebih banyak updatean post lain juga seputar photoshop kayak cara ngedit vektor, template foto, frame foto, atau lainnya. Jadi buat yang masih belajar ngedit pake photoshop ada tutorialnya lebih gampang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *