Perubahan di Masa Kehamilan

PregnancyKehamilan istriku saat ini sudah hampir mendekati bulan ke-5. Tentunya banyak hal yang sudah dilalui dan terjadi. Seru dan menarik, pengalaman mendampingi istri yang sedang hamil. Banyak juga perubahan-perubahan yang terjadi baik secara fisik maupun non-fisik yang terjadi pada istri. Semuanya sayang untuk dilewatkan.

Masa triwulan pertama (umur 0-3 bulan)

Masa ini boleh dibilang merupakan masa-masa yang cukup sulit bagi istri maupun suami. Bagi istri terutama karena perubahan secara fisik dan mental yang terjadi, serta masih tingginya tingkat keguguran di masa ini. Jadi harus ekstra hati-hati. Disisi lain, suami juga harus bantu untuk menjaganya. Disamping itu, terkadang direpotkan oleh permintaan yang aneh-aneh dari istri.

Demikian juga yang terjadi pada istriku, berikut ini diantaranya:

  • Secara fisik, sudah mulai terjadi perubahan, perut mulai terlihat buncit, walaupun jika dilihat dari “luar” tidak begitu jelas perubahannya. Perubahan juga terjadi di bagian tubuh yang lainnya.
  • Nyidam? Alhamdulillah istriku pada masa ini tidak banyak permintaan, dan kalaupun ada, tidak terlalu memaksakan diri, lain waktu juga bisa. Pernah sih malem-malem minta jus mangga, padahal lagi ga musim.
  • Masalah makan, suka coba-coba makanan (menu) yang baru. Dan jangan kaget, karena bisa-bisa makanan yang dulu pas sebelum hamil suka banget, jadi ga suka saat hamil. Demikian juga sebaliknya. Pas sebelum hamil, istriku ga suka makanan manis, tapi sekarang kok jadi suka beberapa makanan manis…
  • Perutnya sering rewel, seperti mual-mual. Kepalanya juga sering pusing. Terkadang muntah-muntah, tapi relatif jarang. Tapi anehnya, kalo pas rewel trus diajak makan atau jalan-jalan, langsung sembuh.
  • Efek lainnya adalah, istri ga betah di rumah. Makan di rumah ga enak, pokoknya bosen dirumah, maunya jalan-jalan mulu. Tapi alhamdulillah ga berlangsung lama. Karena efek tersebut, istri juga jadi males masak. Jadi sejak hamil jarang sekali masak di rumah, paling-paling masak nasi.
  • Ohya satu lagi, kalo saya udah di rumah, penginnya disayang mulu. Bahkan kalo tidur, perutnya juga minta dielus-elus, pake tangan kiri, ga mau tangan kanan, ga enak katanya.

Masa triwulan kedua(umur 3-6 bulan)

Pada masa ini, beberapa kebiasaan yang terjadi di masa kehamilan triwulan pertama sih sudah agak berkurang. Seperti mual-mual dan pusing sudah berkurang, bahkan udah ga pernah lagi. Namun demikian, ada yang baru lagi:

  • Secara fisik sudah terlihat perubahannya. Perut sudah mulai membuncit dan celana banyak yang udah ga muat. Baju juga dah banyak yang di-musium-kan. Sampe saat ini, sudah beberapa kali bolak-balik ke cipulir, nyari baju atau celana hamil.
  • Sekarang istri jadi sering ke belakang (kencing). Dalam sehari bisa puluhan kali kencingnya. Kata dokter sih, itu wajar, karena ada bagian tertentu yang tertekan oleh rahim.

Udah segitu dulu pengalamannya. Kapan-kapan disambung lagi, toh ini baru separo jalan. hehe2x. Doakan juga semoga semuanya sehat dan lancar.

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

5 comments

  1. Bang lihin rani baru tau klo mba otim nya hamil..
    Selamat ya bang
    Semoga lancar nti pas proses lahirannya…
    Hehehe jadi gak sabar liat anaknya bang lihin 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *