Google : Pencarian di dalam Hasil

Logo 60whtTentunya kita semua sudah mengenal siapa itu Google kan? Yap. Google adalah raksasa mesin pencari, dimana saat ini digunakan oleh lebih dari 60% pengguna internet di dunia (Sumber). Bagi saya, Google ini merupakan mesin pencari favorit saya.

Mengenai bagaimana mencari informasi lewat Google, saya yakin semua dari kita sudah cukup memahami. Pada dasarnya cukup mudah, tinggal ketikkan kata kuncinya dan tekan tombol Search. Namun mungkin sebagian dari kita belum mengetahui, kalau Google ternyata punya fasilitas lebih dari itu. Diantaranya dalah fasilitas “Search within Your Results” atau dalam bahasa Indonesia “Cari di dalam Hasil“. Pada dasarnya dengan fasilitas ini, pencarian yang kita lakukan lebih efektif dan terfokus karena Google akan mencari di dalam hasil pencarian yang pertama.

Google

Sebagai contoh, kita akan mencari dengan menggunakan kata kunci “php“. Hasilnya sekitar 60 juta situs ditampilkan. Nah misalnya kita ingin mencari “tutorial” di dalam hasil pencarian pertama kita, kita tidak perlu mengulang pencarian dari awal. Caranya, manfaatkan fasilitas “Cari di dalam hasil”. Pertama dari hasil pencarian, scroll ke bagian bawah hasil pencarian, dan klik link “Cari di dalam hasil“. Selanjutnya akan ditampilkan form pencarian baru, ketik kata kunci yang diinginkan, misalnya “tutorial”. Lalu klik tombol “Cari di dalam hasil“.

Hasil pencarian yang lebih detil akan ditampilkan.

Selamat mencoba.

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *