Workshop Multimedia Blogging INA-ICT Award 2008

INA ICT Award 2008INAICTA 2008 (Indonesia Information and Communication Technology Award 2008) merupakan agenda tahunan yang dimotori oleh Departemen Komunikasi dan Informatika RI (Depkominfo) sebagai penghargaan untuk mendorong tumbuh kembangnya industri teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. INAICTA pertama kali digelar pada tahun 2007 dan berlangsung dengan sukses. INAICTA-2008 cukup istimewa karena pada perhelatan akbar komunitas TIK Indonesia ini bertepatan dengan 100 tahun peringatan Kebangkitan Nasional. INAICTA 2008 kali ini mengusung tema “Kebangkitan Nasional Melalui Kreativitas Digital“.

Salah satu agenda yang diselenggarakan dalam INAICTA kali ini adalah workshop, salah satunya workshop mengenai “Multimedia Blogging“. Workshop berlangsung hari ini, Kamis, 7 Agustus 2008 mulai pukul 14.00 sampai 16.00 di JHCC.

Workshop dikomandoi oleh Mas Budi Putra dan dengan gayanya yang khas berlangsung cukup menarik. Disampaikan mengenai konsep blogging secara umum selanjutnya langsung praktek mendaftar dan mengupload video di YouTube sekaligus bagaimana menampilkannya di blog. Penjelasan mas budi terkadang diselingi oleh pertanyaan dari peserta. Pertanyaan yang mendominasi justru bukan topik yang sedang dibahas yaitu multimedia blogging. Namun justru lebih general, mengenai blogging itu sendiri. Workshop berjalan cukup lancar, walau bagi saya pribadi, setelah menunaikan tugas, malahan chatting sama cumicurut.

Situasi mulai memanas menarik justru di akhir acara, saat mas Budi menampilkan dua contoh situs yang dia kelola yaitu 3GWeek.Net dan AsiaBlogging.Com. Dibumbui dengan kisah sukses kedua situs tersebut dalam mendulang traffic, membuat saya berdecak kagum. Mas budi akhirnya jadi sasaran empuk berondongan pertanyaan dari peserta. Bagaimana caranya? pake SEO ga? pake amazon ga? Bahkan ada yang konyol, pake cheat ga? Diberondong pertanyaan, mas budi menjawab dengan tenang dan tegas bahwa sukses situsnya saat ini pada intinya ga pake rumus macem-macem. Kuncinya hanya satu, CONTENT! Salah satu pernyataan mas budi yang saya ingat, “Pada akhirnya content-lah yang menentukan. Mungkin jika kita pake SEO yang bagus akan menarik banyak pengunjung “tersesat” ke situs kita, namun kalo tidak ada content yang menarik bagi pengunjung, mustahil pengunjung akan kembali lagi”. Lanjut mas budi, “Buatlah content yang menarik, maka traffic akan naik dengan sendirinya”.

Jadi kesimpulannya, content, content, dan content

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *