Mahasiswa oh Mahasiswa

MenyontekBeberapa waktu yang lalu, saya menulis tulisan tentang 5 Kesalahan Mahasiswa dalam Menyontek. Harapannya adalah bahwa mahasiswa tidak melakukan seperti yang saya sebutkan dalam tulisan tersebut. Kebetulan saat ini di kampus saya juga sedang berlangsung Ujian Akhir Semester Gasal 2008/2009. Tapi harapan itu seolah sirna, karena saat saya mengoreksi tugas mahasiswa salah satu kelas (yang sebenarnya cukup saya unggulkan), justru sebagian besar menyontek secara tidak profesional. Bagaimana tidak, setelah saya memeriksa jawabannya, hanya sekitar 5 (lima) orang yang terindikasi tidak melakukan per-nyontek-an.

 

Dengan tujuan semata untuk memberikan efek jera dan sebagai teladan (yang tidak pantas ditiru), maka saya memberanikan diri untuk meng-ekspose-nya dalam tulisan ini. Mari kita lihat bagaimana ketidak-profesionalan teman-teman kita dalam menyontek.

1. Melakukan copy langsung, tapi lupa merubah nama foldernya.

Gaya Menyontek 1
Gaya Menyontek 1

 

2. Hasil pekerjaan 4 mahasiswa berikut ini terlihat “beda” kan? 😀

Gaya Menyontek 2
Gaya Menyontek 2

 

3. Kedua pekerjaan di bawah ini dikerjakan oleh 2 mahasiswa (saya ga tau kedua mahasiswa tersebut kembar atau enggak). Coba temukan 1 perbedaan aja!!

Gaya Menyontek 3
Gaya Menyontek 3

4. Walaupun terlihat beda, tapi…

Gaya Menyontek 4
Gaya Menyontek 4

 

Mungkin cukup 4 aja contohnya, semoga bisa menggambarkan bagaimana tidak profesional-nya beberapa mahasiswa dalam menyontek. Semoga juga keempat contoh tersebut bisa dijadikan teladan yang tentunya jangan ditiru. 
Wahai mahasiswa!! Jangan sia-siakan masa belajarmu di kampus ini. Masih banyak orang di luar saya yang tidak mendapat kesempatan seperti Anda. Bisa kuliah, tiap hari dapet uang saku, dan sebagainya. Lihatlah di luar sana!! masih banyak adik-adik kita yang harus berjuang untuk sekedar lulus sekolah dasar. Ingatlah, masa depan bangsa ini ada di pundak kita, generasi muda. Hidup Indonesia!!

NB : mohon maaf untuk mahasiswa yang saya jadikan contoh disini. Tenang aja, Anda tidak sendiri.. 😀

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

19 comments

  1. emang dulu anda juga nggak pernah nyontek ya pak? 😀
    atau anda sadarnya pas udah jadi dosen? 😛
    Doakan kita pak,semoga sadar..
    kalau sekarang belum, mungkin suatu saat nanti pas jadi dosen..

  2. Saya salah pak… Maaf.. yang kiriman pertama itu saya kerjakan sendiri tapi karena melihat punya teman ada yang jalan semua makanya saya kirim juga… MAaf Pak…

  3. mahasiswa oh mahasiswa…

    salut2x…buat bapak…
    akhirnya semua ketahuan…

    y maklum pak mahasiswa sekarang sukanya yang
    instant + konkrit…

    semua ini kan jadi pelajaran tersendiri untuk para mahasiswa di kampus terutama kelas yg di unggulkan tadi…

    🙂

  4. wew….
    Mahasiswa oh Mahasiswa 😆

    Tapi harapan itu seolah sirna, karena saat saya mengoreksi tugas mahasiswa salah satu kelas (yang sebenarnya cukup saya unggulkan)….

    😀
    he..he..he.
    mudah-mudah saya masuk dalam daftar 5 orang yang tidak terindikasi menyontek, walaupun sebenarnya iya sih…! :mrgreen:

    @tri selan
    gmana sih? kok bisa gitu tri…!
    aneh juga sih…..? 😀

    patembe’s last blog post..Chat di Blog dengan Yahoo! Messenger Pingbox™

  5. he he he he…
    dah pada jago kali pak jdi nyontek aja(khekhekhe)
    itu lah salah mahasiswa (terutama KU) saling mengharap ama yang jago2!!!
    ya ga vis??

    iqy’s last blog post..Irish

  6. itulah gunanya penerapan teknologi jaringan pak,…hehehehee(bercanda)
    entahlah..klo yang saya rasa ada mahasiswa yang bukan di bidangnya programing.
    tapi klo misalnya saya nyontek, cepat ato lambat saya akan mempelajari apa yang saya contek tesebut…
    karena 1 buku dummies gak bisa dikuasain dalam waktu 1 semester…(klo havis tau dah…dia kan bukan orang tapi robot..hehehee)

  7. #meta
    kayak artis aja, no comment 😀

    #chika
    saya dulu insya Alloh jarang sekali nyontek, silahkan cek tanya ke temen2 yg pernah sekelas. kalopun nyontek, yg saya “ambil” bukan jawabannya langsung tapi “tekniknya” selanjutnya diterapkan menurut “gaya” saya sendiri. silahkan baca artikel saya sebelumnya.

    #tanyaku03
    kalo kamu merasa ga nyontek, berarti kamu dicontek. bagi saya sih sama aja kalo keduanya sama-sama suka. silahkan kirim nim+nama ke email, biar saya bisa periksa kembali jawaban kamu.

    #tri selan
    saya anggap jawaban yg dikirim terakhir brarti yg paling bener. kalo emang jawaban temen, ngapain dikirim juga. ga pede nich? 😀

    #wali
    semoga artikel ini sedikit bisa menggugah mahasiswa dari mimpi2nya *halah*

    #patembe
    penginnya sih saya masukin ke yg 5, tapi ternyata jawabannya mirip sama xxxxxx3516. jadi gmana yah? hehe 😀

    #Ferdi
    bagus donk, jadi terkenal

    #iqy
    yoha

  8. pak.. nggak mampu pak ngerjainnya…
    tapi kan saya ngerjainnya bareng sama yg mampu sampe pagi pula saya juga mikir lho pak apakah itu bisa disebut nyontek ???
    maap pak…
    hehehe…

  9. Saya kira kalau mahasiswa nya pada nyontek, dosen juga harus bercermin pada dirinya. Bagaimana mhasiswa sedikit adalah gambaran dosennya. Mungkin, ini mungkin sj krn mahsiswa belum ngerti makanya mereka nyontek. Atau apa yang menurut dosennya sudah jelas diterangkan tapi mahasiswanya belum ngerti. Atau mahasiswa yang malu bertanya krn dosennya kurang ‘enak’. Banyak kemungkinan sih… Intinya, komunikasi yang baik antara dosen dng semua mhasiswa. Itu pendapat sih saya selaku eks mahasiswa.

  10. Maaf baru saya baru minta maaf sekarang.

    Dulu saya pernah edit nilai (hack) situs ujian bang lihin diweb lokal labkom. Dari nilai 7 jadi 9. Sekali lagi maaf.

    Ngomong2 saya baru liat nih webnya… he he he, maklum baru bisa langganan ISP sekarang.

    O iya, dah lama ni saya nggak ke lab… kapan2 main ahhh…
    masih aktif nggak ya webhosting saya??????(yang dulu buat ngehack)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *