Belajar JQuery dari Buku “Learning JQuery”

jqueryJQuery merupakan library Javascript yang akan membuat aplikasi web yang kita buat menjadi lebih “waah“, baik dari sisi user-interface, proses maupun interaktivitas. Mengenai apa itu jQuery sudah saya bahas di artikel sebelumnya.

Salah satu buku yang cukup lengkap membahas mengenai jQuery adalah buku yang berjudul Learning jQuery : Better Interaction Design and Web Development with Simple JavaScript Techniques. Buku setebal kurang lebih 350 halaman ini mengulas secara tuntas mengenai jQuery, dimulai dari kelebihan dan daya tarik jQuery itu sendiri, sampai teknik-teknik memanfaatkan jQuery yang disertai contoh-contoh sederhana.

Buku ini ditulis oleh Jonathan Chaffer dan Karl Swedberg yang terbit pertama kalinya tahun 2007 (setahun setelah jQuery dirilis). Jonathan Chaffer adalah Chief Technology Officer of Structure Interactive yang berlokasi di Michigan. Jonathan juga aktif sebagai bagian dari tim pengembang CMS open source yaitu Drupal. Sementara itu Karl Swedberg adalah seorang web developer di perusahaan yang sama dengan Jonathan yaitu Structure Interactive. Karl yang sebelum menjadi web developer adalah seorang guru bahasa Inggris, fokus dalam hal web-standard, semantic CSS, dan unobtrusive JavaScript.

Buku Learning jQuery isinya cukup mudah dipahami dan dapat menjadi referensi bagi para pemula maupun yang sudah mahir di bidang web development. Buku ini cocok untuk para designer web maupun programmer web.

Garis besar dari isi dari buku ini antara lain menjelaskan mengenai:

  1. Sekilas tentang jQuery. Termasuk didalamnya dijelaskan mengenai kelebihan jQuery, dimana bisa mendapatkan jQuery dan contoh sederhana penerapan jQuery. Isinya secara singkat saya rangkum dalam artikel saya sebelumnya.
  2. Selectors. Di bagian kedua ini dijelaskan mengenai DOM (Document Object Model) dan CSS, serta bagaimana penggunaan jQuery dalam mengatur tampilan (CSS + jQuery). Bagian ini cocok dibaca bagi para web designer yang sudah terbiasa dengan CSS.
  3. Events. Selanjutnya buku ini menjelaskan mengenai event-event yang didukung oleh jQuery. Event-event tersebut akan meningkatkan interaktivitas web dengan pengunjung. Tersedia juga contoh-contoh menarik di bab ini.
  4. Effects. Pada bab 4 buku ini, dijelaskan mengenai teknik-teknik jQuery untuk mengatur efek tampilan halaman web, termasuk didalamnya animasi-animasi yang bisa dilakukan oleh jQuery. Diantara animasi yang sering digunakan adalah fading dan sliding. Contoh sederhananya dapat dilihat disini.
  5. DOM Manipulation. Di bagian ini dipaparkan mengenai bagaimana memanipulasi sebagian isi halaman web melalui jQuery. Manipulasi dapat berupa penambahan, penggantian, maupun penghapusan bagian tertentu dari halaman.
  6. AJAX. Bagaimana jika jQuery digabungkan dengan konsep AJAX? Di bagian keenam ini dijelaskan mengenai hal tersebut. Secara default, jQuery mendukung dengan baik konsep AJAX, baik format data teks, XML, maupun JSON.
  7. Table Manipulation. Manipulasi data dalam tabel seperti sorting, seleksi, paging dapat dilakukan dengan cukup mudah dengan jQuery. Penasaran? Silahkan pelajari pada bab ini mengenai manipulasi tabel.
  8. Forms with Function. Bagian ini membahas mengenai manipulasi form inputan termasuk tampilan dan bagaimana melakukan validasi form ala jQuery.
  9. Shufflers and Rotators. Manipulasi images seperti untuk membuat galery foto dipaparkan di bagian ini.
  10. Plugins. Bagian terakhir dari buku ini membahas mengenai plugin, yang merupakan salah satu kemampuan jQuery yang luar biasa. Disini diberikan beberapa plugin jQuery yang banyak digunakan serta dijelaskan juga mengenai bagaimana membuat plugin sendiri.

Selain dari buku tersebut, kita juga dapat mengunjungi situs resminya di http://www.learningjquery.com

Download Ebook

Selamat membaca buku!

21 thoughts on “Belajar JQuery dari Buku “Learning JQuery”

  1. Wduh Pak, ni posting seger bgd bwt saya..
    Bru kmrn ngidam2in skrg ud dblog Bapak..
    Tp ko ud semaximal mungkin dapet e-booknya g lengkap y Pak..?
    Mohon nasehatnya Pak, maklum msh mahasiswa,hhe..

  2. Iya pa udah bermanfaat,hhe..
    Jazakallahu Khoiron..

    Tapi sekarang vacum jquery dlu ni, mau ngembangin java dlu pak,,
    di java bisa nangkep data yang berbasis server side g si Pak?
    soalnya sampai saat ini saya pke thread aja buat ngecek data di server uda update apa belum..

  3. Bagus sekali artikelnya…
    Tolong diulas tentang teknik manipulasi data dari database (new, edit, delete) menggunakan jquery beserta penanganan errornya (baik sisi client maupun sisi server), karena saya masih kesulitan mengenai hal tersebut.

    salam

  4. maaf..
    Numpang lewat dan numpang cari info tentang code – code script yang bagus.
    aku punya banyak script dan siap pakai untuk keperluan bisnis ..
    jika tertarik email ya…
    thank.

  5. Kayaknya bukunya nggak gratis, tapi nggak apa2 buat belajar.
    Tapi kalau nanti buat bisnis, ya kalau bisa beli lah bukunya biar seimbang lah. Biar yang bikin buku dapet juga feedbacknya. Itung2 belajar menghargai hasil karya orang lain.
    Sep… maju terus Indonesia …
    Makasih Mas.

  6. Buat kawan-kawan,Klo masalah Buku mah bisa di download di flazx.com. semua deh ada disitu….
    nih linkwat kalian tentang Jquery…Lumayan wat pemula…
    <a href =”http://chandrajatnika.com/2009/09/create-update-dan-delete-data-master-dengan-ajax/”>create-update-dan-delete-data-master-dengan-ajax</a>

  7. He forms the enjoyable and informative articles related to Web Design Company and SEO Company
    in the UK. Typically, it’s good practice to maintain about a 5% usage for your keywords
    or phrases. Whether you promote yourself as a solo or business
    brand (< learn 10 ways to improve your SEO with Google+) Google+ is now a necessity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *