Versi Webometrics, Universitas Budi Luhur Ranking 19 Indonesia

rankingscaleBaru-baru ini, WebOmetrics kembali mengumumkan ranking universitas di dunia, termasuk Indonesia untuk periode Januari 2009. Webometrics sendiri dipelopori oleh sebuah lembaga yaitu Cybermetrics Lab, sebuah group penelitian dari Centro de Información y Documentación (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council (CSIC), Spanyol. Webometrics melakukan perangkingan berdasarkan 4 (empat) parameter yaitu visibility, rich files, size, dan google scholar.

Di tingkat 50 dunia, universitas dari Amerika Serikat mendominasi. Massachusetts Institute of TechnologyStanford University dan Harvard University merupakan tiga universitas yang menduduki peringkat teratas. Indonesia sendiri baru sampe pada tingkat 1000 besar dunia, dimana 3 (tiga) universitas dari Indonesia mewakilinya, yaitu Universitas Gadjah Mada (623), Institut Teknologi Bandung (676) dan Universitas Indonesia (906). Dan jika dilihat dari top 5000 dunia, 33 universitas di Indonesia berhasil masuk didalamnya.

Di tingkat Indonesia, peringkat universitas tentu dipimpin oleh ketiga universitas diatas, yaitu UGM, ITB dan UI. Menyusul kemudian Universitas GunadarmaInstitut Teknologi Sepuluh Nopember dan STT Telkom di peringkat 4 sampai 6. Universitas Budi Luhur sendiri, sebagai salah satu universitas berbasis komputer, berhasil menduduki peringkat ke-19. Jika dibandingkan dengan peringkat pada periode sebelumnya, Universitas Budi Luhur berhasil naik satu peringkat dari jajaran universitas di Indonesia. Namun jika dilihat dari urutan peringkat dunia, Budi Luhur berhasil naik lebih dari 1000 peringkat, dari semula peringkat 4404 menjadi 3338.

Universitas di Indonesia yang berhasil masuk dalam top 5000 sebagian dapat dilihat di daftar berikut ini:

 

Ranking Universitas di Indonesia versi Webometrics
Ranking Universitas di Indonesia versi Webometrics

 

 

Maju terus Universitas Budi Luhur, semoga semakin hari semakin baik.

Tautan terkait:

11 thoughts on “Versi Webometrics, Universitas Budi Luhur Ranking 19 Indonesia

  1. webometrics itu kan klo gak salah penilaiannya pake web yang paling banyak hit nya..bukan dari sisi akademis jadinya,,>.<

    klo yang keluaran depdiknas 2008(apa 2007? saya lupa) itu 20 kampus dengan kualitas terbaik di indonesia,,budi luhur gak masuk..

  2. #kusandriadi : Yang dari depdiknas 50 promising Indonesian universities, budi luhur memang belum masuk.

    Versi Webometric, parameter nya kehidupan kampus di dunia internet. Untuk kualitas lebih real, ada versi THES (www.topuniversities.com), (kwalitas penelitian,pengajaran,lulusan dan aspek international) di sini pun nama BL belum muncul. Engga apalah, versi Webometric dulu aja kita baru bisa muncul nya :(.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *