LifeStream

lifestreamApa itu Lifestream? Secara sederhana, mas harry sufehmi, mengartikan sebagai jejak-jejak digital. Tapi lebih luas lagi, lifestream pada dasarnya merupakan kronologis-kronologis kejadian yang kita alami sehari-hari. Jam demi jam, menit demi menit, dan detik demi detik. Kejadian-kejadian yang kita alami sehari-hari dapat kita dokumentasikan dalam berbagai cara, apalagi dengan bantuan teknologi terkini, tentu akan sangat terbantu. 

Jaman dulu, waktu internet dan komputer belum begitu booming, banyak orang yang menuangkan kejadian sehari-hari ke dalam sebuah buku diary. Namun dengan adanya teknologi komputer dan internet serta teknologi handphone saat ini, buku diary mulai ditinggalkan orang. Mulailah orang beralih ke blogging dan layanan-layanan pencatat kejadian sehari-hari lainnya seperti twitter, plurk dan kronologger, atau layanan situs pertemanan seperti facebook, friendster dan youtube.

Karena layanan-layanan tersebut umumnya gratis, sehingga kita terkadang memiliki account di masing-masing layanan. Apa salahnya, kan gratis. Namun terkadang kita kerepotan sendiri, merunut apa yang sudah kita lakukan di facebook, twitter, dsb. Terkadang pertanyaan muncul di benak kita, apa yang sudah kita lakukan dalam sepuluh hari terakhir ini ya? Hari ini kita sudah ngapain aja ya? dan sebagainya. Untuk itu diperlukan suatu cara yang dapat mencatat segala kejadian yang kita lakukan (baca: catat, posting) di beberapa layanan tersebut.

Nah, saya akhirnya membuat halaman khusus Lifestream yang beralamat di http://achmatim.net/lifestream di situs saya. Isinya adalah kejadian-kejadian yang terjadi dalam sepuluh hari terakhir yang berhasil saya catat melalui berbagai fasilitas di internet, seperti facebooktwitter, blog, delicious, dsb.

Untuk halaman tersebut, saya menggunakan plugin wordpress RSS Stream yang saya dapat dari situs http://rick.jinlabs.com/code/rss-stream

Halaman tersebut merupakan halaman yang mencatat kejadian dalam beberapa hari terakhir, namun bagaimana dengan hari-hari, bulan atau tahun-tahun sebelumnya? Saya juga memiliki halaman lifestream di http://friendfeed.com/achmatim yang memanfaatkan fasilitas dari situs FriendFeed, sebuah situs yang akan me-record posting (catatan) yang kita tuangkan di berbagai situs sosial. Dengan adanya fasilitas tersebut, kita juga dapat membuat halaman lifestream kita sendiri, seperti lifestream kepunyaan mas harry.

Semoga bermanfaat

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *