ClassDiagram

Video Membuat Class Diagram dengan Rasional Rose

ClassDiagramClass Diagram merupakan salah satu bentuk diagram pemodelan sistem dengan UML (Unified Modeling Language). Class Diagram menggambarkan struktur dari suatu sistem yang disajikan dalam bentuk class beserta atribut-atribut dan hubungan antar class. Umumnya class diagram dari suatu sistem akan menggambarkan juga bagaimana struktur database yang dibutuhkan untuk membangun sistem tersebut. Secara lengkap, penjelasan mengenai class diagram dapat dilihat di banyak referensi seperti Wikipedia.

Sedangkan Rasional Rose merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai diagram, termasuk class diagram. Rasional Rose memiliki cukup banyak kelebihan dibanding software sejenis karena disamping dapat menggambarkan banyak diagram, juga kemudahan dalam pemakaiannya. Rasional Rose merupakan software yang berbayar.

Berikut ini tutorial kecil cara menggunakan Rasional Rose untuk membuat class diagram. Semoga bermanfaat, terutama buat kita yang lagi skripsi atau KKP menggunakan metodologi berorientasi obyek. Amin.

Berbagi itu indah...Share on Facebook14Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

10 comments

  1. saya dulu biasanya bikin pake Visio, tapi karena itu berbayar…Y__Y jadi pindah make argoUML, terus ke DIA, terus ke StarUML, gak ada yang seenak Visio…Y__Y
    terus ketemu plugin UML untuk eclipse, lumayan lah..:)

    rational rose belom penah nyoba..karena berbayar juga jadi kurang berminat..hehe,,tapi ujungnya2 kemaren bikin tugas PBOL dari bapak bikinnya pake ms.word..darurat2,hehehe…

    1. #wong
      class diagram pada dasarnya semuanya sama, yaitu menggambarkan atribut2 dan properties (method, behaviour, fungsi) dari suatu object (entitas). nah, kalo class diagram tanpa method adalah class diagram yang tidak menyertakan method dalam penggambarannya.

  2. Pa, mo tnya lagi tentang class diagram, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat class diagram, atau berdasarkan apa sih class diagram itu dibuat, acuan nya apa ?

    mohon pencerahan nya pa. makasih

  3. #wong
    untuk membuat class diagram sebenarnya cuman perlu latihan dan latihan. yang jelas, class diagram berhubungan dengan entitas atau object dalam suatu sistem. Jadi jika ingin membuat class diagram, kita harus dapat menentukan object aja yg ada di sistem. Contoh, object dalam sistem penjualan antara lain ada produk dan pelanggan, maka pasti akan terbentuk class produk dan pelanggan. Langkah selanjutnya adalah tentukan relasi antar class tersebut.

    Semoga sedikit membantu

  4. pa ini rizki mahasiswa budiluhur roxy. pa aku boleh minta video tutorialnya ga pa send to email atau kasih link buat downloadnya ya pa.. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *