Visual Editor di WordPress Bermasalah !?

wp-logoSeperti kita ketahui bersama, bahwa WordPress sebagai salah satu blog-engine yang paling populer saat ini menyediakan fitur visual text editor di dalam form postingnya. WordPress menggunakan visual text editor TinyMCE. Fitur ini sangat berguna bagi kita, termasuk saya, untuk mempermudah dan mempercepat dalam menambahkan posting blog kita. Kita dapat dengan mudah menambahkan link, mengatur ukuran huruf, jenis huruf, menambahkan gambar, mengatur warna, mengatur perataan, bullet and numbering dan sebagainya.

Lalu apa jadinya jika fitur visual text editor tersebut bermasalah alias ga muncul?? Tentu akan merepotkan kita, apalagi bagi kita yang awam dengan code atau perintah HTML. Hal tersebut juga sempat saya alami beberapa waktu terakhir. Semula saya berasumsi bahwa browser di komputer saya yang bermasalah, namun ternyata berdasarkan informasi dari sahabat saya yang juga mengalami hal yang sama, ternyata masalah terjadi di semua browser dan semua komputer juga. Kalo begitu, masalahnya ada di program atau wordpress sendiri donk. Itu kesimpulan sementara saya.

Iseng-iseng saya coba browsing di internet mengenai permasalahan tersebut, ternyata memang banyak juga yang mengalami. Salah satunya menyatakan bahwa permasalahan muncul karena dukungan yang belum sempurna terhadap proses kompresi dalam editor TinyMCE.  Lalu bagaimana solusinya?? Berikut ini beberapa hal yang perlu dicek atau dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Mungkin kondisi satu dengan yang lainnya berbeda, jadi jika langkah dan tips berikut ini tidak berhasil, silahkan share dengan memberi komentar.

  1. Cek di halaman admin menu Users > Your Profile dan pastikan checkbox “Disable the visual editor when writing” dalam posisi off (unchecked).
  2. Jika nomor 1 sudah dilakukan dan masih tetap belum muncul juga, cek apakah Anda menggunakan plugin seperti cFormsII? Jika iya, lakukan konfigurasi di halaman admin menu cFormsII > Global Settings.  Pada bagian “WP Editor Button support” pastikan checkbox “Fix TinyMCE error” terpilih (checked). Simpan perubahan dengan menekan tombol “Update Settings

    Setting Plugin WordPress CFormsII
    Setting Plugin WordPress CFormsII
  3. Jika cara ke-2 gagal atau Anda tidak menginstal wordpress cForms, maka kemungkinan error terjadi pada konfigurasi TinyMCE-nya. Login ke CPanel dan buka File Manager atau lewat FTP. Buka file konfigurasi TinyMCE di /wp-includes/js/tinymce/tiny_mce_config.php.  Cari settingan pada variabel array $initArray yaitu ‘disk_cache‘ dan ‘compress‘, pastikan keduanya bernilai false. Settingan akan menjadi:

    ‘disk_cache’ => false,
    ‘compress’ => false,


    Simpan file, dan coba kembali.

Demikian mengenai cara mengatasi ‘hilangnyavisual text editor pada wordpress. Cara tersebut sudah saya ujikan di wordpress versi 2.8.5, namun jika ternyata tidak berhasil kita bisa diskusikan bersama-sama.

Semoga bermanfaat

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

6 comments

  1. what if I want to downgrade from previous versions of wordpress without losing my old writings
    Contribute a better translation
    Thank you for contributing your translation suggestion to Google Translate.
    Contribute a better translation:

  2. mas, infonya sangat bermanfaat, tpi blog wp sy g ttp g bisa,, gmna dunk??? tolong komen di blog sy segera,,, pleeesseee..

  3. Pingback: venetian deal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *