Smush.It

Optimasi Image Website dengan Smush.It

Smush.ItImage atau gambar merupakan salah satu komponen web yang tidak terpisahkan dari suatu halaman web (website). Keberadaan image akan menjadikan website lebih menarik, terutama dari sisi tampilan. Di dalam isi atau content suatu website, image juga sering digunakan sebagai cara untuk memberikan gambaran dari suatu maksud dan juga akan lebih menarik pengunjung untuk membaca keseluruhan content website. Di samping keuntungan penggunaan image di halaman web tersebut, kita juga harus bijaksana dan selektif jika akan menampilkan image di halaman web, karena image akan sangat mempengaruhi performa website. Semakin banyak image yang digunakan dalam suatu halaman web, maka dari sisi performa, terutama kecepatan akses halaman tersebut, akan semakin berkurang. Lalu bagaimana dengan suatu situs yang memiliki content utama berupa image, seperti situs album foto online? Bagaimana melakukan optimasi terhadap image di dalamnya?

Banyak cara, teknik dan tools untuk melakukan optimasi terhadap image. Kita dapat menggunakan image atau photo editor seperti photoshop dan tools lainnya. Namun jika kita tidak memiliki image editor tersebut, atau kita tidak tau bagaimana memanfaatkan tools tersebut untuk melakukan optimasi terhadap image, Smush.It akan sangat cocok buat kita untuk mengoptimasi image yang kita miliki.

Smush.It

Smush.It merupakan salah satu tools optimasi image yang dikembangkan oleh Yahoo!. Smush.It menggunakan teknik optimasi dengan menghilangkan bit-bit yang tidak diperlukan dalam suatu image. Konon teknik optimasi yang dilakukan oleh Smush.It tidak akan mempengaruhi kualitas gambar secara visual (kasat mata).

Untuk melakukan optimasi image dengan Smush.It, dapat melalui beberapa cara:

  • Dengan langsung mengakses situs resmi Smush.It, lalu upload file image yang berada di komputer kita atau dapat juga dengan menyertakan alamat URL dari image yang akan kita optimasi. Dengan hanya menekan satu tombol maka Smush.It secara otomatis akan melakukan optimasi terhadap file image kita dan selanjutnya kita dapat mendownloadnya dalam bentuk file terkompresi. Terdapat juga laporan berapa % penghematan yang telah dilakukan oleh Smush.It terhadap image kita.
  • Dengan menginstall add on Smush.it di browser Firefox kita lalu ikuti langkah di dalam addon tersebut.
  • Jika kita menggunakan WordPress sebagai engine dari situs / blog kita, sudah tersedia pula plugin WordPress yang akan secara otomatis mengoptimasi setiap image yang kita upload. Lihat plugin selengkapnya disini.

Pada akhirnya tools hanyalah sebuah tools, semua kembali kepada kita sebagai pemilik website. Kita harus bijak dan selektif jika ingin menampilkan image di halaman web, selain selalu melakukan optimasi terhadap image tersebut.

Semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Optimasi Image Website dengan Smush.It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *