Apa Saja Manfaat Blog Bagi Perusahaan?

Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah sebuah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Namun demikian, penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin menjadi sesuatu yang wajib. Kita tahu banyak perusahaan besar seperti Microsoft, Google, dan CNN semuanya memiliki blog.

Lalu apa manfaat blog bagi perusahaan? Salah satu fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan serta sebagai media menjaring inputan dari pelanggan. Banyak pengguna suatu produk akan menuliskan pendapat, perasaan, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya mengenai produk tersebut, melalui blog. Dengan memiliki blog, perusahaan akan dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang dialami oleh perusahaan Kryptonite yang rugi jutaan dollar hanya karena kurang mendengarkan suara pelanggannya.

Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan dunia bisnis (perusahaan).

Komunikasi dengan Pelanggan

Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.

Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.

Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan

Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.

Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.

Menarik Perhatian Pelanggan

Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.

Meningkatkan Penjualan

Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords.  Bahkan sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.

Memperbaiki Kesalahan Perusahaan

Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.

Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal

Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.

Comments
  1. 4 years ago
  2. 4 years ago
  3. 4 years ago
  4. 4 years ago
  5. 4 years ago
  6. 3 years ago
  7. 3 years ago
  8. 3 years ago
  9. 3 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>