5 Tools Online untuk Menggambar Berbagai Diagram

Membuat diagram seperti Flowchart, Use Case dan Diagram Jaringan menggunakan software seperti Visio memang mudah. Namun apa jadinya jika di komputer yang Anda gunakan tidak terinstall program tersebut? Mau menginstallnya tapi males karena ga punya bajakannya, padahal dipakenya jarang-jarang? Jangan khawatir, sekarang ada banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk menggambar berbagai bentuk diagram secara online. Jadi tidak perlu menginstall, langsung buka situsnya, gambarkan diagramnya dan simpan (download) hasilnya. Inilah 5 diantara sekian banyak Online Diagram Tools.

#1. Gliffy

Situs ini merupakan situs favorit saya karena banyak menyediakan template diagram dan berbagai variasi bentuk diagram. Penggunaannya juga cukup mudah. Jika ingin mencobanya, juga tidak perlu mendaftar. Namun jika kita ingin menyimpan diagram kita untuk keperluan mendatang, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran gratis namun hanya diperbolehkan menyimpan maksimal 5 diagram saja.

Gliffy saat ini menyediakan 9 kategori diagram yaitu Website / Software UI Design, Venn Diagrams, Organization Charts, SWOT Analysis, Flowcharts, Network Diagrams, Software Design / UML, Floor Plan dan Bussiness Process

Berikut ini contoh hasilnya.

Contoh Class Diagram yang dibuat dengan Gliffy

#2. Lovely Charts

Situs ini merupakan situs online untuk menggambar berbagai bentuk diagram yang sangat mudah digunakan. Semboyannya “you think, we draw”. Diagram seperti Flowchart, Sitemaps, Wireframes, Org. Charts dan Network Diagram dalam hitungan menit dapat kita buat. Tools dan pilihan yang tersedia cukup banyak. Walaupun dengan kapasitas terbatas, kita masih diperkenankan untuk mendaftar dengan gratis. Pendaftarannya pun sederhana, hanya cukup memasukkan nama, alamat email dan password kita.

Berikut ini contoh flowchart yang dibuat dengan situs ini.

Contoh Flowchart dengan LovelyChart

#3. Draw Anywhere

Situs ini memiliki tampilan yang mudah dan user-friendly. Situs yang dibuat dengan teknologi flash (Adobe Flex) ini menawarkan tools yang lengkap untuk membuat berbagai diagram secara online. Cukup login dari mana saja dan pilih jenis diagram yang kita inginkan. Situs ini mendukung jenis diagram dalam kategori Basic Shapes, Flowchart Shape, Workflow Diagram, Network Object, Office Layout, Sign and Symbols dan Cliparts. Situs ini juga mengijinkan penggunanya untuk mengupload imagenya sendiri.

Berikut ini contoh diagram jaringan yang dibuat dengan situs ini

Contoh Network Diagram dengan DrawAnywhere

#4. Creately

Creately merupakan situs online yang menawarkan solusi komprehensif dalam pembuatan diagram tanpa terbatas ruang dan waktu. Hanya membutuhkan waktu 3 menit-an untuk membuat suatu diagram, kita dapat mencobanya gratis. Sama seperti program lainnya, situs ini juga menawarkan berbagai jenis diagram mulai dari Flowchart diagram hingga SWOT Analysis.

Berikut ini contoh analisa SWOT yang dibuat dengan tools online ini

Contoh SWOT Analysis yang dibuat dengan Creately

#5. DRAW

Project ini sebenarnya belum begitu sempurna, masih dalam tahap pengembangan. Namun demikian kita dapat memanfaatkannya untuk membuat diagram sederhana. Jenis shape yang tersedia antara lain rectacle, circle, polygon dan sebagainya.

Semoga bermanfaat

Berbagi itu indah...Share on Facebook1Share on Google+7Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Achmad Solichin

Telah menjadi staff pengajar di Universitas Budi Luhur (Jakarta) sejak tahun 2005. Selain mengajar, dia juga menyusun berbagai tutorial praktis di bidang komputer dan sempat menulis beberapa buku gratis, semua dipublikasikan di situs resminya, Achmatim.Net

You may also like...

8 Responses

  1. Dian Utomo says:

    Pak, minta masukan, untuk alternative aplikasi untuk pembuatan diagram untuk versi freeware ada tidak?… untuk gantiin rational rose, visual paradigm, atau visio… thanks buat masukannya

  2. momi says:

    Wahh, boleh dicoba ni Pak..
    Kelebihan dan kekurangan dari visio apa ya Pak?

  3. psikoterapi says:

    thanks for his information, I really liked this….

  4. Doscom says:

    Nice Info Mas Achmatim..
    Ditunggu postingan” menarik lainnya..
    Ijin share ya.. 😀

  1. February 29, 2012

    […] Semoga bermanfaat salam opensource… Sumber  […]

  2. June 27, 2012

    […] bermanfaat salam opensource… Sumber  This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *