Class Painter: Menggambar dengan Mouse di Java

Class Painter dapat digunakan untuk membuat program kecil yang membentuk garis dengan mouse (saat mouse di-drag).

Berikut ini tampilannya:
contoh-program-painter-java

Berikut ini program lengkapnya:

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class Painter extends JFrame {
    private int pointCount = 0;
    private Point points[] = new Point[1000];

    public Painter () {
        super ("Program menggambar sederhana");

        getContentPane().add(new JLabel("Drag mouse to draw"), BorderLayout.SOUTH);

        addMouseMotionListener (
            new MouseMotionAdapter() {
                public void mouseDragged (MouseEvent e) {
                    if (pointCount < points.length) {
                        points[pointCount] = e.getPoint();
                        ++pointCount;
                        repaint();
                    }
                }
            } //end of anonymous class
        ); //end method addMotionListener

        setSize (300,150);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }

    public void paint (Graphics g) {
        super.paint(g);
        for (int i = 0; i < points.length && points[i] != null; i++) {
            g.setColor(Color.red);
            g.fillOval (points[i].x, points[i].y, 4,4);
        }
    }
	
    public static void main (String args[]) {
    	Painter test = new Painter();
    	test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }
}

Semoga bermanfaat

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Achmad Solichin

Telah menjadi staff pengajar di Universitas Budi Luhur (Jakarta) sejak tahun 2005. Selain mengajar, dia juga menyusun berbagai tutorial praktis di bidang komputer dan sempat menulis beberapa buku gratis, semua dipublikasikan di situs resminya, Achmatim.Net

You may also like...