Digital Watermarking untuk Melindungi Informasi Multimedia

Abstraksi – Melindungi informasi termasuk dokumen multimedia merupakan suatu kebutuhan utama dalam era keterbukaan informasi seperti saat ini. Multimedia dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, audio dan video mudah sekali menyebar dengan menggunakan media internet. Keaslian dari dokumen multimedia tersebut perlu dilindungi. Paper ini memaparkan mengenai digital watermarking sebagai salah satu metode untuk melindungi keaslian informasi yang terkandung dalam dokumen multimedia. Dalam paper juga dibahas mengenai berbagai teknik watermarking yang dapat diterapkan di berbagai dokumen multimedia. Di bagian akhir paper akan dijelaskan juga mengenai batasan dan operasi yang dapat menghambat atau mengganggu dokumen multimedia yang sudah disisipi watermark.

Informasi Jurnal

BIT Fakultas Teknologi Informasi, Univ. Budi Luhur, Vol. 7 No 1 April 2010, ISSN: 1693-9166, hal 01-08

Preview dan Download

Digital Watermarking Untuk Melindungi Isi Multimedia

 

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

2 comments

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai digital watermarking sangat berguna karena dapat melindungi hak cipta (ide original) seseorang saat mempublikasikan hasilnya dalam dunia TI.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Publikasi Teknologi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *