JQuery Bermasalah di WordPress versi 3.2 ke atas (Terbaru)

Jika Anda memiliki situs berbasis wordpress dan setelah upgrade ke versi 3.2.1 atau lebih (saat ini versi 3.3.1), beberapa plugin dan tampilan terkadang tidak berjalan sebagai mana mestinya alias bermasalah. Hal tersebut juga saya alami di situs ini, dan beberapa situs saya yang lain. Permasalahan yang muncul antara lain slider yang ada di themes jadi tidak jalan, menu admin pada dashboard sebelah kiri menjadi tidak berjalan, dropdown menu yang menggunakan JQuery menjadi tidak berjalan seperti biasa, dan lain-lain.

Bagaimana solusinya? Di postingan ini, dibahas salah satu solusi yang sudah saya coba dan berhasil. Solusi tersebut didasarkan pada postingan dari salah satu tulisan Velli Darman Domo di situsnya.

Akar permasalahan sebenarnya muncul dari versi JQuery yang digunakan. WordPress selalu menggunakan versi JQuery yang mini (minified-jquery) karena memang lebih ringan, namun ternyata disanalah masalahnya. Saya terus terang belum mencari lebih dalam lagi penyebab sebenarnya, namun saat versi JQuery diganti dengan yang biasa (uncompressed jquery) maka semua berjalan dengan normal.

Berikut ini langkah lengkap untuk mengganti versi JQuery dari yang mini ke yang biasa:

  1. Login ke hosting melalui CPanel atau FTP dan buka folder <path-wordpress>/wp-includes/js/jquery/
  2. Buka file jquery.js dengan editor yang tersedia
  3. Buka halaman http://code.jquery.com/jquery.js untuk mendapatkan code JQuery terbaru yang tidak terkompres. Select-all (Ctrl+A) dan Copy (Ctrl+C) code tersebut.
  4. Pada file jquery.js yang sudah dibuka dengan editor, Select-All (Ctrl+A) dan Paste (Ctrl+P) code JQuery yang telah didapatkan dari situs http://code.jquery.com/jquery.js.
  5. Simpan file dan coba kembali ke dashboard situs Anda

Demikian tips / tutorial singkat ini, semoga bermanfaat.

Berbagi itu indah...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *