Tips: Membuat File Berukuran Besar dengan Cepat di Linux dan Windows

Ada kalanya kita memerlukan keberadaan suatu file dengan ukuran tertentu, baik ukuran kecil maupun besar. Sebagai contoh untuk keperluan pengujian suatu program atau aplikasi yang melakukan pembacaan file. Untuk melakukan pengujian dalam hal kekuatan program dalam menangani berbagai ukuran file, tentu diperlukan file dengan ukuran yang beragam dari mulai yang kecil hingga yang sangat besar. Lalu bagaimana membuatnya? Membuat file secara manual melalui editor tentu bukan solusi yang baik, karena ukuran file tidak dapat diatur dan kemampuan editor terbatas dalam menangani file yang sangat besar (misalnya berukuran 10 GB). Jadi, simak tips singkat berikut ini.

linux

Linux

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi berbasis Linux seperti Ubuntu, Linux Mint, Centos, Fedora dan sebagainya, dapat menggunakan beberapa perintah sebagai berikut. Perintah dapat dicoba melalui Terminal.

Perintah fallocate

Perintah ini merupakan perintah yang sangat ampuh dan paling cepat, sehingga sangat direkomendasikan. Untuk membuat file berukuran 10 GB, diperlukan waktu kurang dari 1 detik, tepat 0.031 detik di komputer saya. Perintahnya sebagai berikut:

fallocate -l 10G 10GBFile.txt

Opsi -l digunakan untuk menentukan ukuran file yang diinginkan. Satuan defaultnya adalah byte, namun kita bisa menggunakan karakter “M” untuk mewakili 1 Megabyte dan “G” untuk mewakili 1 Gigabyte. Setelah opsi ukuran file, diikuti dengan nama file yang diinginkan.

Perintah dd

Perintah dd tidak terlalu direkomendasikan untuk ukuran file yang cukup besar. Saya ujicobakan membuat file berukuran 10 GB di komputer dengan RAM 8 GB dan prosesor Core i7 saja, komputer langsung idle (hang). Namun untuk ukuran file dibawah 1 GB masih bisa dengan kisaran waktu eksekusi 20 detik hingga 2 menit. Berikut ini contoh membuat file berukuran 1 GB dengan menggunakan perintah dd

dd if=/dev/zero of=1GBFile.txt bs=1024 count=$((1024 * 1024 ))

Perintah truncate

Perintah truncate juga dapat digunakan untuk membuat file dengan ukuran tertentu. Dari sisi kecepatan tampaknya lebih baik dibanding perintah dd, namun masih kalah cepat dibanding fallocate. Berikut ini contoh membuat file berukuran 1 GB yang saya ujicoba dengan waktu eksekusi 0.222 detik.

truncate -s 1G 1GBFile.txt

Mungkin ada beberapa perintah lain yang bisa jadi alternatif seperti mkfile dan dd /dev/urandom. Namun demikian, menurut beberapa sumber, perintah fallocate merupakan perintah yang paling direkomendasikan.

windows_logo

Windows

Bagaimana dengan di Sistem Operasi berbasis Windows? Ternyata ada juga perintah Console yang dapat digunakan untuk membuat file dengan ukuran tertentu. Namun demikian tidak banyak pilihan perintah yang tersedia secara default di Windows. Perintah fsutil merupakan perintah yang paling banyak direkomendasikan untuk keperluan pembuatan file dengan ukuran tertentu. Contoh perintah untuk membuat file dengan ukuran 1 GB (1024 x 1024 x 1024 byte = 1073741824 byte) adalah sebagai berikut:

fsutil file createnew 1GBFile.txt 1073741824

Demikian tips untuk membuat file berukuran besar baik di Linux dan Windows. Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa alternatif perintah di atas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat dan maju terus ilmu pengetahuan Indonesia!

Referensi

 

Comments
  1. 1 year ago
  2. 1 year ago
  3. 1 year ago
  4. 5 months ago
  5. 4 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>