SHOW CREATE TABLE: Perintah MySQL untuk Menampilkan Perintah Query Membuat Table

Jika kita ingin membuat TABLE atau obyek yang lainnya di MySQL melalui command line, tentunya kita memerlukan perintah query “CREATE“. Kita tinggal ketikkan di command line atau jendela query MySQL Client, lalu menjalankan perintah query “CREATE” tersebut. Untuk mengetahui bagaimana perintah CREATE selengkapnya dapat membaca buku MySQL5: Dari Pemula Hingga Mahir yang dapat didownload secara gratis.

Lalu bagaimana jika yang diinginkan adalah sebaliknya? Kita sudah memiliki database, table, procedure atau obyek yang lainnya dan ingin menampilkan perintah query untuk membuat obyek-obyek tersebut. Ternyata MySQL memiliki perintah khusus untuk hal ini yaitu perintah “SHOW CREATE“. Tentunya perintah ini sangat berguna jika kita ingin melakukan backup struktur obyek-obyek yang kita miliki di database MySQL atau sekedar ingin mengetahui perintah untuk membuat obyek-obyek tersebut.

Berikut ini beberapa contoh penggunaannya.

Anggaplah kita memiliki sebuah database bernama ‘demo‘ yang terdiri dari beberapa tabel antara lain tabel ‘mahasiswa‘. Kita ingin menampilkan perintah query untuk membuat tabel mahasiswa, maka cukup ketikkan perintah singkat sebagai berikut di MySQL Client query editor (sebagai catatan, saya menggunakan Web-based MySQL Client – Adminer untuk mengetikkan setiap perintah di dalam tutorial ini):

SHOW CREATE TABLE mahasiswa;

Jika perintah tersebut dijalankan maka hasilnya sebagai berikut:

Hasil Perintah SHOW CREATE TABLE

Hasil Perintah SHOW CREATE TABLE

Mudah kan? Contoh selanjutnya jika kita ingin menampilkan perintah query untuk membuat database ‘demo‘, maka cukup ketikkan perintah sbb:

SHOW CREATE DATABASE demo;

dan hasilnya kurang lebih sebagai berikut.

Hasil Perintah SHOW CREATE DATABASE

Hasil Perintah SHOW CREATE DATABASE

Demikian juga untuk obyek-obyek yang lainnya, perintahnya kurang lebih sama. Selengkapnya variasi perintah SHOW CREATE yang dapat dilihat dalam bentuk umum perintah SHOW CREATE sebagai berikut:

SHOW CREATE TABLE

SHOW CREATE TABLE nama_tabel

SHOW CREATE DATABASE

SHOW CREATE {DATABASE | SCHEMA} [IF NOT EXISTS] nama_db

SHOW CREATE PROCEDURE

SHOW CREATE PROCEDURE nama_procedure

SHOW CREATE FUNCTION

SHOW CREATE FUNCTION nama_function

Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat dan maju terus ilmu pengetahuan Indonesia!

 

Berbagi itu indah...Share on Facebook45Share on Google+4Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Achmad Solichin

Telah menjadi staff pengajar di Universitas Budi Luhur (Jakarta) sejak tahun 2005. Selain mengajar, dia juga menyusun berbagai tutorial praktis di bidang komputer dan sempat menulis beberapa buku gratis, semua dipublikasikan di situs resminya, Achmatim.Net

You may also like...

10 Responses

  1. artikelnya sangat bagus,terimakasih infonya

  2. teerimakasih infonya sangat bermanfaat sekali

  3. terimakasih infonya,sangat bermanfaat banget

  4. wah, membantu sekali infonya. terimakasih dan salam kenal 😉

  5. wah infonya sangat menarik sekali.. semoga ilmunya bermanfaat ya

  6. narto says:

    mohon info utk perhitungan count pada mysql…bisa tolong dibantu..sesama ubl yah..sy angkatan lama,ada case sedikit..bisa saya kirim ke email mas achmad?

  7. Kok error ya, ? ada yg salah kah ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *