Materi Training HTML5, CSS3, JQuery dan Responsive Design

Minggu lalu atau lebih tepatnya pada hari Senin-Jumat, 1-4 Juli 2014, saya diminta untuk menjadi narasumber dalam salah satu Training atau Pelatihan di MRA Printed Media, perusahaan dibalik beberapa brand majalah ternama. Training yang mengambil tema “Digital Activation and Development” bertujuan untuk mengenalkan beberapa teknologi terkini di bidang web design kepada staff IT baik web designer maupun web developer. Lebih spesifik lagi tujuan dari training adalah agar para pengembang web di MRA Printed Media dapat mengembangkan berbagai website perusahaan secara lebih baik dan bersifat responsive terhadap perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Materi yang disampaikan dalam training ini ada 4 (empat) yaitu Fundamental HTML5, Fundamental CSS3, Fundamental jQuery dan Responsive Design. Keempat materi yang saya sampaikan akan saya share di bawah ini. Semoga materi training HTML5, CSS3, jQuery dan Responsive Design ini bermanfaat untuk kita semua.

Materi Training Hari 1: Fundamental HTML5

HTML5 merupakan versi terkini dari HTML yang menawarkan berbagai fitur baru dibanding versi HTML sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah berbagai jenis inputan baru seperti date, time, color, email; berbagai tag/komponen baru seperti video, audio, canvas; serta berbagai fitur menarik lainnya. Materi selengkapnya dapat dilihat pada presentasi berikut ini.

Materi Training Hari 2: Fundamental CSS3

Pada hari ke-2, disampaikan materi mengenai dasar-dasar dari CSS3, generasi terbaru dari CSS (Cascading Style Sheet). Pada CSS3 juga terdapat beberapa fitur baru yang menarik seperti CSS Media Query, Webfonts dan berbagai visual effects yang menarik. Selengkapnya silahkan mempelajari presentasi berikut ini.

Materi Training Hari 3: Fundamental jQuery

Selanjutnya, materi ketiga mengenai dasar-dasar JQuery sebagai salah satu library Javascript yang banyak digunakan saat ini. Pada training ini, materi jQuery yang disampaikan lebih banyak berkaitan dengan web design dibanding web development (programming). Selengkapnya silahkan melihat materi berikut ini.

Materi Training Hari 4: Responsive Design

Pada hari keempat, materi yang disampaikan adalah mengenai Responsive Design. Materi ini sebenarnya sudah disinggung pada saat pembahasan CSS3 yaitu pada pengenalan CSS Media Query sebagai dasar dari Responsive Design. Kali ini saya tidak membuat materi sendiri, namun “meminjam” materi yang dibuat oleh Courtney Jourdan (@court_jordan) berikut ini.

Demikian beberapa materi yang saya sampaikan dalam training tersebut. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya sangat terbuka jika pengunjung ingin berbagi dan bertanya mengenai materi tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan jika Anda berniat mengundang saya dalam training, workshop atau seminar di tempat Anda, silahkan email ke achmatim@gmail.com.

Maju Terus Ilmu Pengetahuan Indonesia!

Berbagi itu indah...Share on Facebook20Share on Google+21Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

10 comments

  1. Untuk membuat desain yang responsive, menurut bapak framework apa yang mudah dipelajari, bagus dan ringan? Saya sudah coba Bootstrap, tapi masih kurang puas. Kalau bikin sendiri terlalu lama pengembangan nya. Terima kasih atas info2nya.

  2. selamat siang.

    saya ingin bertanya. mengapa ketika saya mengunduh slide ini hasil unduhan dengan yang ada di slideshare ini berbeda yaa?
    mohon bantuannya.

    terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *