Cara Mudah Capture Halaman Web Secara Utuh

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia #WebDeveloper, mungkin pernah memerlukan capture atau screenshoot dari tampilan suatu website. Misalnya untuk ditunjukkan ke client atau pimpinan Anda. Jika seluruh isi website yang akan di-capture dapat terlihat secara utuh di browser sih ga masalah, kita tinggal memencet tombol “Print Screen” di keyboard, atau menggunakan program khusus untuk meng-capture layar. Namun bagaimana jika tampilan website cukup panjang sehingga ada bagian yang tidak terlihat? Tentu saja cara “Print Screen” agak sedikit merepotkan. Lalu bagaimana cara mudahnya?

Salah satu cara mudah capture halaman web secara utuh adalah dengan menggunakan ekstensi Google Chrome “Full Page Screen Capture” yang dibuat oleh Peter Coles. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Klik ekstensi “Full Page Screen Capture” untuk memasang ekstensi tersebut di browser Anda. Klik tombol “Add to Chrome” dan proses instalasi akan dilakukan secara otomatis.
  3. Setelah ekstensi terpasang, sebuah icon kamera akan muncul di taskbar browser (bagian atas di samping kanan sidebar).
  4. Untuk meng-capture suatu website, buka website dengan browser Google Chrome dan klik icon “Full Page Screen Capture” (gambar kamera) dan tunggu ekstensi tersebut bekerja.
  5. Setelah selesai, hasilnya akan ditampilkan pada tab baru di browser. Kita tinggal menyimpannya pada tempat yang diinginkan.

Mudah kan?

Berikut ini contoh hasil capture salah satu halaman website.

achmatim-net-buku-gratis

Alternatif tools / ekstensi Google Chrome untuk screen capture:

Semoga tutorial ini bermanfaat dan maju terus ilmu pengetahuan Indonesia!

Berbagi itu indah...Share on Facebook20Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *