Webinar Machine Learning for PHP Developer

Webinar Machine Learning for PHP Developer

Machine learning adalah cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pembuatan sistem yang dapat belajar secara otomatis dari data yang diberikan kepadanya tanpa diberikan instruksi yang spesifik. Machine learning menggunakan algoritma untuk mempelajari pola dalam data dan menggunakannya untuk memprediksi hasil di masa depan.

Ada berbagai macam aplikasi dari machine learning, termasuk pengenalan wajah dan suara, pemahaman bahasa alami, pengelolaan email dan spam, dan pemprediksian harga saham. Machine learning juga sering digunakan dalam industri untuk memprediksi kegagalan mesin, meningkatkan efisiensi produksi, dan meningkatkan kualitas produk.

Salah satu aplikasi yang paling terkenal dari machine learning adalah pengenalan wajah. Sistem machine learning dapat diprogram untuk mempelajari wajah-wajah yang berbeda dan mengenali wajah-wajah tersebut dengan akurasi yang tinggi. Aplikasi lainnya termasuk sistem rekomendasi, yang menggunakan data sebelumnya tentang preferensi pengguna untuk merekomendasikan produk atau konten yang mungkin mereka sukai.

Pada webinar kali ini, saya diminta untuk sharing mengenai pengembangan aplikasi Machine Learning bagi para pengembang PHP. Jadi, intinya, selain Python atau R, apakah PHP dapat diterapkan untuk menerapkan berbagai metode Machine Learning? Jawabnya tentu dikupas di webinar ini. Webinar yang diselenggarakan pada hari Jumat, 16 Desember 2022 merupakan kolaborasi keren antara BLOCK71, AWS User Group Indonesia, dan komunitas Pasuruan Dev dari Jawa Timur.

Saya mengawali sharing dengan memberikan sedikit konsep Machine Learning sebagai bagian dari AI, berbagai metode machine learning baik supervised, unsupervised, maupun deep learning. Setelah itu, baru dibahas 2 (dua) library PHP yang dikembangkan untuk machine learning, yaitu PHP-ML dan RubixML. Juga, didemokan dan dibahas sebuah aplikasi Machine Learning sederhana yang dikembangkan dengan PHP Rubix-ML.

Selengkapnya, simak video berikut ini.

Tautan penting:

Semoga bermanfaat

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *